PERSEPSI MUTU LAYANAN KETENAGAKERJAAN PADA CALON BURUH MIGRAN INTERNASIONAL INDRAMAYU TIMUR DI KANTOR DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Ninis Setiani Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Vincentius Rachmadi Parmono Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

TKl, Persepsi mutu layanan, Kualitas Pelayanan, Dinas Tenaga kerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mutu layanan tenaga kerja calon buruh migran dikantor Dinas Tenaga Kerja Kab. Indramayu. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah calon buruh migran internasional di Indramayu Timur Kec.Juntinyat Sampel sebanyak 105 responden yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah moving average untuk mengetahui persepsi calon buruh migran terhadap mutu layanan dikantor Dinas Tenaga Kerja Kab. Indramayu serta analisi regresi berganda untuk melihat pengaruh 5 dimensi terhadap kualitas pelayan yang disediakan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi mutu layanan dikantor Dinas Tenaga Kerja Kab. Indramayu dinilai Baik. Pada analisis regresi berganda disimpulkan secara simultan pengaruh yang signifikan dan positif dari 5 variable bauran terhadap kualitas pelayanan. Sementara secara parsial hanya variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, dan empati yang berpengaruh secara signifikan dan positif. Sedangkan variable jaminan tidak berpengaruh secara signifikan.

References

Achm adi, Abu dan Cholid Narbuko, 2015, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, (2020), https://bp2mi.go.id di akses pada tanggal 20 Desember 2020
Lilis Sri Handayani, Agus Yulianto (2020) Jumlah keberangkatan TKI asal indramayu, 23 September, https://www.republika.co.id/berita/qh3xum396/terbesar-di-jabar-indramayu-berangkatkan-22-ribu-tki di akses pada tanggal 20 desember 2020 Moenir, H. A. S. (1995). Manajemen pelayanan umum. Jakarta: Bumi Aksara. Moenir, R. (1981). Migrasi Dalam Dasar-Dasar Demografi. Jakarta: Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi, UI. Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Bumi Aksara. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, quality & satisfaction
Undang-undang ketenagakerjaan Republik Indonesia, 2015, https://jdih.kemnaker.go.id/data_puu/KEPMEN_260_TAHUN_2015.PDF di akses pada tanggal 4 januari 2021

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 84 | PDF downloads: 134