STRATEGIES FOR MAINTAINING BUSINESS COMPETITIVE OF HEAVY EQUIPMENT PRODUCT IN PT GAYA MAKMUR TRACTOR

  • Andreas Puntadewa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Pristiana Widyastuti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: Alat Berat, Covid-19, Bisnis Kompetitif, Strategi

Abstract

Permintaan alat berat semakin tinggi, terutama di sektor konstruksi dan pertambangan. Kehadiran alat berat membantu manusia bekerja dalam menjalankan tugasnya. PT Gaya Makmur Tractors adalah pemasok grosir alat berat untuk konstruksi jalan, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan banyak lagi. Akhirnya, merebaknya pandemi Covid-19 membuat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan pemerintah untuk menahan penyebaran Covid-19, dan pembatasan perjalanan global berdampak pada ketersediaan tenaga kerja dan bahan baku, sehingga melambat. pertumbuhan industri konstruksi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dalam mempertahankan daya saing bisnis produk alat berat di PT Gaya Makmur Tractor. Penelitian ini menemukan tiga strategi utama bagi perusahaan berdasarkan posisinya dalam hasil penelitian yang penulis lakukan: menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan integrasi horizontal. Hal ini akan membantu perusahaan memperluas jangkauan di pasar dan mengendalikan lebih banyak pesaingnya.

References

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). SUKABINA PRESS.
Ciesielska, M., & Jemielniak, D. (2018). Qualitative methodologies in organization studies. Qualitative Methodologies in Organization Studies, 2(December), 1–264. https://doi.org/10.1007/978-3-319-65442-3
David, F. R. (2011). Strategic Management. In The Journal of the Operational Research Society (13th ed.). Pearson Education. https://doi.org/10.2307/2584115
Hisyam, M. (1998). Analisa SWOT Sebagai Langkah Awal Perencanaan Usaha. SEM Institue.
Keegan, W. J., & Green, M. C. (2017). Global Marketing (9th ed.). Pearson Education.
Moffett, M. H., Ronkainene, I. A., & Czinkota, M. R. (2011). International Business (8th ed.). Thomson Digital.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage. The Free Press. https://doi.org/10.1007/978-3-319-54540-0
Salim & Sahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Haidir (ed.); 5th ed.). Citapustaka Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (24th ed.). Alfabeta.
Published
2021-12-31
Section
Research Articles
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 8 times