PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE, EXPERIENTAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COFFEE STARBUCKS DI INDONESIA
Survey pada Mall di Wilayah Senayan - Jakarta Selatan
Keywords:
International Brand Image, Experiental Marketing, Kualitas Produk dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh international brand image, experiental marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Coffee Starbucks di Indonesia. Lokasi penelitian dilakukan pada store Starbucks Coffee di Mall di Wilayah Senayan - Jakarta Selatan. Jumlah sampel diambil 96 responden menggunakan teknik penentuan sampel accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan international brandi image secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks, yang artinya semakin tinggi international brand image Coffee Starbucks maka akan semakin tinggi keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks. Experiental marketing secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks, yang artinya semakin tinggi experiental marketing yang diterapkan oleh outlet Coffee Starbucks maka akan semakin tinggi keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks. Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks, yang artinya semakin tinggi kualitas produk maka akan semakin tinggi keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks. International brand image, experiental marketing dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks, yang artinya international brand image, experiental marketing, dan kualitas produk merupakan faktor penentu tinggi rendahnya keputusan keputusan pembelian konsumen pada Coffee Starbucks.
References
Assauri, S. (2016). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Raja Grafindo Persada.
Buchari, A. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Dharmmesta, BS., Handoko, T. H. (2015). Manajemen Pemasaran - Analisa Perilaku Konsumen. Liberty.
Dhewanto, W. (2015). Manajemen Inovasi. Andi Offset.
Engel, JF., Black, RD., and Miniard, P. (2012). Perilaku Konsumen. Bina Rupa Aksara.
Ferdinand, A. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit UNDIP.
Ferrinadewi, E. (2014). Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit UNDIP.
Arianto, T. H., & Purnomo, H. (2018). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di Kota Yogyakarta peluang. XII(1), 64–80.
Griffin, RW., Ebert., R. (2015). Bisnis (Edisi Kede). Erlangga.
Kertajaya, H. (2010). Grow with Character: The Model Marketing. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Salemba Empat.
Kotler, Phillip., And Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Kurniawan, Firman., Arifin, Zainul., Fanani, D. (2018). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 56(1), 75–81.
Nasution, M. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia
Sangadji, Eta Mamang., dan S. (2015). Perilaku Konsumen. Andi Offset.
Schmitt, B. H. (2014). How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. The Free Press.
Simamora, B. (2015). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
Setiawan, A. T., DH, A. F., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli , Menggunakan dan Mengetahui Smartphon. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 73–81.
Syahadat. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Starbucks Coffee Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Bandung ) the Effect of Experiential Marketing As a Marketing Strategy on Coffee Starbucks on Pur. 4(1), 42–62.
Tetanoe, V. R., & Dharmayati, D. (2014). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–12.
Wahyuni, Fitri., Usman, Buchari., Saswadi, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Humaniora, 3(2), 74–87.
Chasanah, R. N., Muzammil, O. M., & Rowena, J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Millenial Pada Platform E-Commerce. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1276
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226–237. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i3.2592
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA/article/view/795
Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 457. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.07
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298