ANALISIS DAMPAK STRATEGI PEMASARAN EPIC GAMES STORE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA STEAM

Authors

  • Julian Abel Suganda Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Kurnianing Isololipu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Strategi Pemasaran, Promosi, Strategi Promosi, Loyalitas Pengguna

Abstract

Epic Games Inc merupakan perusahaan pengembang software dan game yang berbasis di North Carolina, Amerika Serikat. Epic Games Inc memliki sebuah aplikasi atau platform bernama Epic Games Store sebagai tempat mereka untuk menjual produk-produk dan software yang mereka miliki kepada para developer dan gamers. Epic Games Store sendiri sebagai platform penyedia software dan game tentunya memiliki pesaing yang sudah sangat lama ada dalam industri game, yaitu Steam. Steam merupakan platform atau aplikasi pengembang software dan game yang sudah ada sejak tahun 2002, berbeda dengan Epic Games Store yang baru tersedia pada tahun 2018. Lamanya Steam dalam industri tersebut membuat Epic Games Inc melakukan startegi pemasaran untuk menarik minat para pengguna Steam untuk mencoba dan beralih ke aplikasi Epic Games Store Karena hal tersebut penulis ingin mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan Epic Games Store berhasil dan dapat mempengaruhi loyalitas para pengguna Steam untuk beralih menggunakan Epic Games Store.
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa teori mendasar mengenai strategi pemasaran dan loyalitas pengguna. Seperti teori marketing mix dari Kotler dan Amstrong (2017) dan teori loyalitas pengguna dari Tjiptono (2011) dalam Robby (2017). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan terhadap beberapa pengguna aplikasi atau platform Epic Games Store dan Steam yang telah menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah berupa wawancara dengan tatap muka langsung dengan informan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Epic Games Inc berhasil dalam menarik pengguna Steam untuk mencoba aplikasi Epic Games Store melalui strategi pemasaran lewat promosi pemberian game-game gratis bulanan yang mereka berikan, tetapi mereka gagal untuk membuat para pengguna Steam beralih ke Epic Games Store, karena mereka tidak memberikan kualitas pelayanan dan fitur yang baik dibandingkan dengan yang Steam berikan kepada para penggunanya.

References

Abdillah, Suharyono, Putra I. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengguna LINE di Asia)

Agus Hermawan. (2013). Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. Malang. Ajami, R. A., Cool, K., Goddard, G. J. and Khambata, D. 2006. International Business Theory and Practice. 2nd edition. New York: M. E. Sharpe, Inc.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Andrew Heywood dalam Budiardjo Miriam. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hlm 16

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Assauri, Sofjan.(2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kerja Kependidikan Depdiknas (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Brunner, Thomas A.; Siegrist, Michael 2011, A customer-oriented segmentation study in the Swiss wine market, British Food Journal. Czinkota, M. R., Ronkainen, I. A., & Zvobgo, G. 2011. International marketing. South-Western Cengage Learning.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa. Delamater, John D., and Daniel J. Myers. Social Psychology 7th Edition. Singapore: Wadsworth Cengage Learning.

Dharma, Robby. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta. Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kharisma, dkk. 2016. Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI

Kolonio, Jeremia & Djurwati soepeno (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1 Kotabe, M. M., & Helsen, K. 2020. Global marketing management. John Wiley & Sons.

Kothler,Philip, Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P., dan Amstrong, G, M. 2017. Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Moorhead dan Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad Fathur Rheza. Penerapan Sistem Promotion Mix pada Penjualan Sarapan Pagi Ketupat Gulai Pakih, 2019 Putra, H. A., Suryono. 2014. Pengaruh Iklan Online Melalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen, Vol. 8, No. 1, 2014, hlm. 12-23.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suranovic, Steve. 2010. International Trade: Theory and Policy. Washington D.C: Flat World Knowledge, Inc.

Wijaya, D. (2017). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

SUMBER LAIN :

Cynthia. 2023. “ Pemasaran Global ( Global Market) ; Pengertian, Manfaat, dan Faktor Pendukungnya”.https://accurate.id/marketing-manajemen/pemasaran-global/. Diakses pada tanggal 27 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 89 | PDF downloads: 40