THE PRACTICE OF SOCIAL ENTREPRENEURSHIP. CASE STUDIES OF HAND- WOVEN FABRIC ENTREPRENEURS AT NUSA TENGGARA TIMUR PROVINCE

Authors

  • AY Agung Nugroho Unika Atma Jaya
  • Suharsono Suharsono Unika Atma Jaya

Keywords:

kewirausahaan sosial, wirausahawan sosial, modal sosial, pengembangan masyarakat.

Abstract

Kewirausahaan sosial telah berevolusi ke dalam perubahan global yang menghasilkan solusi
terhadap masalah-masalah sosial dan ekonomi masyarakat, bahkan merubah cara berpikir
manusia tentang perubahan sosial. Salah satu faktor yang dianggap penting dalam
keberhasilan kewirausahaan sosial adalah kemampuan untuk mengembangkan modal sosial
yang dimiliki wirausahawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran
wirausahawan sosial dalam mempraktikkan usaha bisnis berdasarkan konsep kewirausahaan
sosial yang pada saat yang sama juga untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat
melalui produksi tenun tradisional. Secara spesifik penelitian ini mengkaji pengaruh modal
sosial dalam praktik kewirausahaan sosial. Modal sosial dalam penelitian ini dijelaskan
melalui tiga dimensi yaitu dimensi struktural, relasional dan kognisi. Penelitian ini dirancang
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam
dengan wirausahawan sosial, komunitas, pengrajin tenun, pendamping dan dinas
perindustrian dan pariwisata. Selain itu juga menggunakan pengamatan langsung terhadap
kegiatan saat menenun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran usahawan sosial
begitu penting dalam mengembangkan bisnis produk tenun tradisional di NTT. Dengan
memanfaatkan modal sosial, seorang wirausahawan sosial dapat mengembangkan bisnis
sosialnya, dan pada saat yang sama dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga
pengrajin tenun sekaligus melestarikan produk tenun tradisional.

References

Baron, Robert A., Markman, Gideon D.
2003. Beyond social capital: the role
of entrepreneurs’ social competence
in their financial success. Journal of
Business Venturing, 18 (2003) 41–
60.
Casson, Mark and Marina Della Giusta.
Entrepreneurship and Social
Capital. Analysing the Impact of
Social Networks on Entrepreneurial
Activity from a Rational Action
Perspective. International Small
Business Journal Vol.25(3): 220-
244.
De Carolis, Donna Marie., Saparito,
Patrick. 2006. Social Capital,
Cognition, and Entrepreneurial
Opportunities: A Theoretical
Framework. Entrepreneurship:
Theory and Practice. January 2006
Dees, Gregory J. 1998. The Meaning of
“Social Entrepreneurship, October 31,
1998
Hasbullah, Jousairi. 2006, Social Capital,
Menuju Keunggulan Budaya
Manusia Indonesia. Jakarta, Penerbit
MR-United Press.
Koentjaraningrat. 1990. Kebudayaan,
Mentalitas dan Pembangunan,
Jakarta, Gramedia.
Mair, Johanna and Marti, Ignasi. 2004.
Social Entrepeneurship research: A
source of Explanation, Prediction
and Delight. Working Paper. ISE
Business School. 2004.
Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi
Penelitian Kualitatif, Bandung, PT.
Remaja Rosda Karya.
Schenkel, Mark T and Garrison, Gary.
2009. Exploring the role of social
capital and team efficacy in Virtual
Entrepreneurial Team performance.
Journal of Management Research
News. 2009. Vol 32, 525-538.
Santos, Felipe, M.A. 2009. Positive
Theory of Social Entrepreneurship.
Faculty & research Working Paper,
INSEAD, 2009.
Strauss, Anselm dan Corbin, Jukiet. 1997,
Dasar-dasar Penelitian
Kualitatif, prosedur, teknik dan
teori grounded, Surabaya,
Penerbit PT. Bina Ilmu.
Thompson. J., Alvy, G., Less, A. Social
Entrepreneurship: A new look at the
people and the potential.
Management Decision. 38 (E5):328-
338.
Zahra Shaker A., Gedajlovic, Eric.,
Neubaum, Donald O., Shulman, Joel
M. 2009. A typology of social
entrepreneurs: Motives, search
processes and ethical Challenges.
Journal of Business Venturing, 24
(2009) 519–532.

Downloads

Published

2019-07-22

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 58 | PDF downloads: 122