PENGARUH SOFT SKILL, HARD SKILL, DAN PENGALAMAN ORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA FIABIKOM ANGKATAN 2020-2023

Authors

  • Elsa Lydia Samanta Sitorus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Ati Cahayani Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Soft Skill, Hard Skill, Pengalaman Organisasi, Kesiapan Kerja

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi manusia dan menjadi sarana utama
dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Di Indonesia, perguruan tinggi bertujuan
menghasilkan lulusan yang siap bekerja. Namun, era globalisasi dan ketidakselar asan antara sistem
pendidikan dan tuntutan dunia kerja meningkatkan angka pengangguran lulusan perguruan tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel sosoft skill , hard
skill , dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada
mahasiswa Fiabikom Angkatan 2020 2023 yang melibatkan 85 responden. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini melibatkan
penggunaan uji normalitas, uji regresi linear berganda, dan analisis koefisien determinasi untuk
menganalisis data yang dikumpulkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill ,
hard skill , dan pengala man organisasi berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Lalu kesiapan
kerja dipengaruhi sebesar 75.7% oleh soft skill, hard skill, dan pengalaman organisasi. Sementara 24.3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Ambarwati, A. (2018). Perilaku dan Teori Organisasi (Amirullah, Ed.). MNC Publishing. https://www.researchgate.net/publication/324645855

Ananda, S. P., Nugroho, G., & Kurniawan, W. F. (2023). The Influence of Student Engagement in Organizations, Soft Skills, Hard Skills on Employment Readiness (A Case Study on Social Science Students in Pekanbaru City). Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Arnata, I. W., & Surjoseputro, S. (2014). Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 1.

Astutik, W. S., & Pambudi, M. A. Y. (2019). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Hard Skill, Soft Skill, dan Pengalaman Kerja Pada PT. Erajaya (ERAFONE)di Malang Tahun 2019. 14(4), 2400.

atmajaya.ac.id. (2024, May 15). Atma Jaya Jakarta Raih Gelar PTS Terbaik Se-Indonesia Kategori Lulusan Mudah Dapat Kerja. Atma Jaya.Ac.Id. https://www.atmajaya.ac.id/id/pages/atma-jaya-jakarta-raih-gelar-pts-terbaik-se-indonesia/

Ayuni, S., Budiati, I., Reagan, H. A., Riyadi, Larasaty, P., Pratiwi, A. I., Saputri, V. G., Meilaningsih, T., & Hasudungan, R. G. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid 19 terhadap Pelaku Usaha. Badan Pusat Statistik.

Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh Persepsi Magang Dunia Usaha/Dunia Industri dan Pengalaman Organisasi terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. In Tata Arta" UNS (Vol. 5, Issue 1).

Bhodie, I. T. S., & Zaman, K. (2023). Analisis Pengaruh Hard Skill Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Multi Manao Surabaya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntasi), 7(3), 3.

Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). The Work readiness Scale (WRS): Developing a Measure to Assess Work Readiness in College Graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546

Delastri, L., & Supangat. (2023). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Journal of Comprehensive Science, 2(12).

Gianie. (2023, November 27). Pengangguran Lulusan Perguruan Tinggi Meningkat. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/11/27/pengangguran-lulusan-perguruan-tinggi-pascapandemi-meningkat

Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Generasi Milenial dalam Menghadapi Tantangan Pasca Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3). https://doi.org/10.47679/ib.2022245

Hasanah, L., & Rozali, A. Y. (2021). Gambaran Stres pada Pengangguran Lulusan Perguruan Tinggi di Jakarta. JCA Psikologi, 2(1).

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurna Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 73.

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2017). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2).

Lukito, D. (2023). Hard Skills and Soft Skills on Performance: Influence and Application of Bengkulu City Education Service Employees. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(11), 4695–4710. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i11.6700

Maulidiyah, R., & Ubaidillah, H. (2024). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill dan Motivasi pada Kesiapan Kerja Mahasiswa Sebagai Generasi Z Dalam Menghadapi Era Digital. Journal Of Economic, Business and Accounting, 7(3).

Monica, M. (2024). Rekapitulasi Mahasiswa Terdaftar Aktif Semester Genap 2023/2024.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi Forum Ilmiah. 15(2), 334–335.

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1).

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Penerbit Deepublish.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian/PinKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1).

Sari, C. N. I., & Manunggal, S. A. M. (2023). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 347–356. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2491

Sasongko, R. N. (2016). Desain Inovasi Manajemen Sekolah (1st ed.). Shanny Publisher dan FKIP Universitas Bengkulu.

Setyaningrum, D. F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap

Sihotang, F. H., & Santosa, D. S. S. (2019). Pengaruh Prestasi Belajar, Penguasaan Teknologi Informasi dan Pengalaman Organisasi terhadap Kesiapan Kerja.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, F., Erlina, Y., Nurbaiti, N., Kalalinggi, S. Y., Afifah, A., Suheria, Elsandika, G., Setiawan, R. Y., Alfiyani, L., & Pereiz, Z. (2024). Metodologi Penelitian (Suhardi, Ed.). CV. Gita Lentera. https://www.researchgate.net/publication/377847335

Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2020-2022. (2023, January 11). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/unemployment-rate-by-education-level.html

Unika Atma Jaya. (2023). Fakultas Imu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi. https://www.atmajaya.ac.id/id/fakultas/fiabikom/

Wardhana, A., & Iba, Z. (2023). Metode Penelitian (M. Pradana, Ed.; Vol. 1). CV.EUREKA MEDIA AKSARA. https://www.researchgate.net/publication/376687580

Wijayanti, V. D., & Wibowo, T. susilo. (2020). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Perusahaan Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Majalah Ekonomi, 25(1), 29–35. https://doi.org/10.36456/majeko.vol25.no1.a2448

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 51 | PDF downloads: 62