PENGARUH KUALITAS LAYANAN (SERVQUAL) DAN MUTU PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SUBWAY DI PROVINSI DKI JAKARTA
Keywords:
Kualitas Layanan (ServQual), Mutu Produk, Kepuasan PelangganAbstract
Persaingan internasional saat ini ditandai dengan maraknya bisnis secara global di berbagai belahan dunia. Perkembangan tren yang begitu cepat turut serta melibatkan bisnis dalam bidang industri kuliner. Bisnis di industri kuliner kian terus bertambah seiring dengan permintaan konsumen yang meningkat. Subway menjadi perusahaan yang memanfaatkan peluang tersebut dengan terus memberikan pelayanan yang berkualitas agar para pelanggan dapat merasakan pengalaman mengesankan dengan kenyaman yang didapat. Selain itu, keinginan konsumen yang bermacam-macam dimanfaatkan oleh Subway untuk dapat menyajikan produk yang bermutu agar para pelanggan dapat merasakan keistimewaan dalam produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari kualitas layanan (servqual) dan mutu produk terhadap kepuasan pelanggan Subway di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang melibatkan 97 responden dengan teknik analisis deskriptif melalui SPSS Statistics 29. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (servqual) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan mutu produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan (servqual) dan mutu produk merupakan cara yang menarik pelanggan terhadap kepuasan akan produk yang digunakan.
References
Akila. (2022). Pengaruh Mutu Produk Serta Penepatan Harga Terhadap Keputusan Pembeli Pada Usaha Mandiri Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(3). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index
Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3).
Aslami, N., & Amanda, N. S. (2022). Analisis Kebijakan Perdagangan Internasional. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(1).
Dutka, A. F. (1994). AMA Handbook for Customer Satisfaction. American Marketing Association.
Fadli, Z., Suryamizon, A. L., Riyanto, A., Bhakti, R. T. A., Bidari, A. S., Adriaman, M., Syuryani, Irianto, K. D., Rusli, B., Nuzul, R., Mairul, & Nazar, J. (2023). Hukum Bisnis Era Modern (M. A. Rauf, Ed.). CV. Gita Lentera.
Fathi, M., & Fadilah, N. (2022, June 23). Ternyata, Subway Pernah Hadir di Indonesia pada Tahun 1990-an Loh! Tv.Umn.Ac.Id. https://tv.umn.ac.id/article/detail/ternyata-subway-pernah-hadir-di-indonesia-pada-tahun-1990-an-loh
Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2). http://www.nusamandiri.ac.id1,http://www.bsi.ac.id2
Hair Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer Nature Switzerland AG. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Handayati, R., & Susanti, I. (2020). Pengaruh Soft Skill Pekerja dan Mutu Produk terhadap Kualitas Produksi pada Industri Gerabah Hias di Lamongan. Journal of Economics Development Issues (JEDI), 3(1), 14–25.
Hartanto, I. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada CV. Timur Jaya. AGORA, 2(1).
Iba, Z., & Wardhana, A. (2023). Metode Penelitian (M. Pradana, Ed.). CV. Eureka Media Aksara. https://www.researchgate.net/publication/376687580
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Unpam Press.
Jubaidah, S., Binangkit, I. D., Ahmad, I., & Suripto, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di CV. Giat Plat Pekanbaru. Economics Accounting and Business Journal, 1, 93–108.
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. 37.
Kotler, P., & Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Lupiyoadi. (2014). Strategi Pemasaran. Andi.
Mardatillah, S. M., Yayak, H., & Firmansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Internasional Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis & Entrepreneurship, 2(6), 783.
Oscar, B., & Ulfiani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kiblat Pengusaha Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2).
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Laut. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Riyanto. (2014). Validasi dan Verifikasi Metode Uji Sesuai dengan ISO/IEC 17025 Laboration Pengujian dan Kalibrasi. CV. Budi Utama.
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin, Ed.; Cetakan ke-1). PT. Nasya Expanding Management.
Sangandji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. CV. Andi Offset.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. CV. Andi Offset.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Rajadrafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Suwandi, A. (2016). Peningkatan Kualitas untuk Meminimalisir Cacat Produk Cat Plyurethane dengan Metode Taguchi. Jurnal Inovasi, 12(2), 55–71.
Tasrif, M. J. (2019). Hubungan Antara Mutu Produk dan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen pada PT. Mustika Ratu Jakarta. Jurnal Ekonomi, 21(1).
Tjiptono. (2016). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.
Ugra, F., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Mutu Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simanis Pada PT. BPR Raga Dana Sejahtera. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Bangsa, 3(1).
Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh.