PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z DI WILAYAH JAKARTA

Authors

  • Angelica Putri Adi Purnomo Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Antonius Widi Hardianto Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/transaksi.v17i1.7124

Keywords:

kualitas sistem, kemudahan penggunaan aplikasi, kepuasan pelanggan, TikTok Shop

Abstract

Fenomena belanja online yang semakin menguat di negeri ini membuka persaingan yang besar bagi para pelaku bisnis online. Sekarang ini, banyak sekali pemilik online shop yang turut memakai aplikasi TikTok sebagai wadah untuk mempromosikan barang dagangannya. Hal ini menjadikan TikTok yang bestatus media sosial mengambil peluang yang besar untuk menciptakan fitur TikTok Shop di dalam aplikasi TikTok sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk. Penelitian ini dilakukan terhadap Generasi Z (tahun keahiran 1997-2012) di wilayah Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas sistem dan kemudahaan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas sistem dan kemudahaan penggunaan aplikasi berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Jurnal Pendidikan Tambusai, 239-247. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.450.

Adityara, S. & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Seminar Nasional Seni dan Desain: “Reinvensi Budaya Visual Nusantara,”. 401–406. https://media.neliti.com/media/publications/289429-karakteristik-generasi-z-dalam-perkemban-1dad2f3f.pdf.

Agustina, R., Gustiana, R., & Amini, O. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi pada PT. Indomarco Pristama Cabang Banjarmasin. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 189-205. https://stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/view/321

Amanda, N. S., & Aslami, N. (2022, Januari). Analisis Kebijakan Perdagangan Internasional. Journal Economy and Currency Study (JECS), Vol 4, 14-23. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i1.358.

Anggraeni, W. A., Sampe, F., Alfonsius, Setiawan, R., Susilawati, W., Ende, Hamka, R. A., Hidayatullah, Musnaini, Rosaria, D., Rahayu, N. P., Ulfa, A. N., Ekasari, A., Tahendrika, A., Witjaksono, A. (2023). Manajemen Pemasaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Aulia, R., Syamsudin, A., & Sintani, L. (2023). Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan (Studi Pelanggan Cafe One More Palangka Raya). Edunomics Journal, 4(2), 177-189. https://doi.org/10.37304/ej.v4i2.10060.

Aziz, M. A., Anjani, B. D., Pratiwi, J., & Erjani, N. R. (2023). Strategi dan Program Pemasaran Global. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1135-1141. https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21252.

Bougie, R., & Sekaran, U. (2019). Research Methods for Business A Skill Building Approach. Edisi 8. West Sussex:John Wiley & Sons.

Dewi, W. W., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., Avicenna, F., Avina, D. A., Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gijoh, L. G., Kermite, J. A., & Rotinsulu, J. (2021). Implementasi Hukum dalam Kontrak Bisnis Internasional. Lex Et Societatis, 9(1), 111-119. https://doi.org/10.35796/les.v9i1.32142

Ginting, D. B., & Nugraha, A. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Sistem, dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sakuku BCA. Media Informatika, 18(1), 42-61. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i1.24

Granita, I. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Aplikasi Gojek Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Teknologi Informasi (JALTI), 1(1), 44-51.

Green, M., & Keegan, W. (2020). Global Marketing. Edisi 10. Harlow: Pearson Education Limited.

Griffin, R., & Pustay, M. (2020). International Business A Managerial Perspective. Edisi 9. Harlow: Pearson Education Limited.

Haykal, A. P., Febrilia, I., & Monoarfa, T. A. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen dalam Berbelanja Online. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 4(1), 17-35. https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.02

Herawati, S., Saktiendi, E., & Raihanah, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi KAI Access terhadap Kepuasan Konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero). Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(6), 1391-1406. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i6.1436

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W., Butarbutar, M., Hadbi, I., Elvera, Triwardh. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang: UNPAM PRESS.

Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2024). Principles of Markerting. Edisi 19. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P., Keller , K. L., & Chernev, A. (2022). Markerting Management. Edisi 16. Harlow: Pearson Education Limited.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Luas, N. G., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 1-7. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p1-7

Maulani, G., Solehudin, Kartika, I. M., Andayani, S. U., Negara, A. K., Suarni, A., Adnyana, I. M., Mustam, Mayndarto, E. C., Martiwi, R. (2024). Konsep Dasar Bisnis Internasional. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Mulyawan, M. D., Kumara, N. S., Swamardika, I. A., & Saputra, K. O. (2021). Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010 Literature Riview. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), 15-28.

Nidhom, M. A. (2019). Interaksi Komputer dan Manusia. Malang:Ahlimedia Book.

Nurmalia, G., Wulan, M. N., & Utamie, Z. R. (2024). Gaya Hidup Berbasis Digital dan Perilaku Konsumtif pada Gen Z di Bandar Lampung: Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 3(1), 22-32. https://doi.org/10.34001/jrei.v3i01.846

Nurwahyuni, W. A., & Yuniasanti, R. (2023). Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk E-Commerce Pada Generasi Z. Jurnal Psikologi, 6(2), 60-69. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3018

Pradana, A. R., & Aryanto, V. W. (2024). Pengaruh Live Streaming, Discount, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Economics and Digital Business Review, 5(1), 329-380.

Prathama, F. & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-commerce Lazada. AGORA, 7(1), 1-6. https://media.neliti.com/media/publications/287015-pengaruh-kemudahan-penggunaan-aplikasi-d-15bd1760.pdf

Pridana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Salsabila, A. N., Saidani, B., & Rivai, A. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan, 3(1), 87-100.

Sari, I. N. (2023, Maret 6). Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia. Katadata. Dikutip Maret 2024 dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/ekonopedia/profil/6404f5c3ce775/sejarah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia

Sari, N., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi OLX. E-Proceeding of Management, 7(2), 6520-6536.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Saunders, M. N., Lewis, P., & Thornhill, A. (2023). Research Methods for Business Students. Edisi 9. Harlow: Pearson Education Limited

Sudaryanto, Subagio, A., Hanim, A., & Utami, W. (2023). Consumer Behavior Gen Z. Surabaya: Universitas Ciputra.

Sudiantini, D. (2022). Bisnis Internasional. Banyumas: Pena Persada.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, E. (2020). Ekspor Impor: Teori dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor untuk Praktisi Logistik dan Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.

Sutarno, R. A., & Purwanto, S. (2022). Perilaku Konsumtif Generasi Z Terhadap Keputusan Pembelian Produk Silverqueen Di Kota Sidoarjo. Jurnal Manajemen dan Sains, 7(1), 309-313. http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i1.400

Taufiqurrohman, M. F., Widarko, A., & Suharto, M. B. (2021). Pengaruh Promosi, Produk dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Gofood (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). UNISMA Repository, 58-70. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4479

Tussakdiah, N. H. (2021). Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 250-259. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/5961

Yudha, S. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan GrabFood. E-jurnal Riset Manajemen, 8(9), 77-90. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4344

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Research Articles