Robot Self-Balancing Berbasis LEGO Mindstorm EV3 Untuk Pembelajaran Robotika

Penulis

  • Adrian Kenny
  • Christiand
  • Riccy Kurniawan

Kata Kunci:

Robot Self-balancing, LEGO Mindstorm EV3, Pembelajaran, Robotika

Abstrak

Pembelajaran robotika perlu dilaksanakan secara efektif untuk mengembangkan pemahaman konseptual dan keterampilan teknis dari peserta didik. Salah satu pendekatan yang relevan adalah melalui pengembangan robot self-balancing sebagai salah satu contoh bentuk robot yang dapat memberikan pembelajaran terkait aspek perancangan mekanik, kendali sistem, dan pemrograman sensorik. Keberhasilan pendekatan yang digunakan sangat bergantung pada pemilihan sarana maupun metode yang tepat. LEGO Mindstorm EV3 merupakan salath satu sarana yang ideal untuk kemudahan perakitan, fleksibilitas desain, serta integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak dalam pengembangan robot. Pengembangan robot self-balancing berbasis LEGO Mindstorm EV3 memberikan kesempatan pembelajaran algoritma kendali robot berbasis sensor giroskop, ultrasonik, dan motor servo. Kerja penelitian ini memaparkan proses perancangan dan implementasi robot self-balancing berbasis LEGO Mindstorm EV3 sebagai sarana inovatif untuk pembelajaran robotika yang mendukung penguasaan konsep dan keterampilan teknik secara terpadu.

Referensi

[1] F. A. Aristawati, C. Budiyanto, “Penerapan robotika dalam pembelajaran STEM: Kajian pustaka,” Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, Vol. 1, 2017.

[2] Y. N. Asri, “Pembelajaran Berbasis Stem Melalui Pelatihan Robotika,”. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), Vol. 3, No. 2, 2018.

[3] K. Fathoni, A. P. Pratama, N. A. Salim, V. N. Sulistyawan, “Implementasi Kendali Keseimbangan Gerak Two Wheels Self-Balancing Robot Menggunakan Fuzzy Logic,” Jurnal Teknik Elektro, 13(2), 1–7, 2021.

[4] A. Pratama, A. Hernawan, “Implementasi PID Controller pada Self-Balancing Robot,” Tugas Akhir, Universitas Teknologi Yogyakarta, 2019.

[5] F. Grasser, A. D’Arrigo, S. Colombi, A. C. Rufer, “JOE: A Mobile, Inverted Pendulum,” IEEE Transactions on Industrial Electronics, 49(1), 107–114, 2002.

[6] A. Abdelgawad, T. Shohdy, A. Nada, “ Model- and Data-Based Control of Self-Balancing Robots: Practical Educational Approach with LabVIEW and Arduino,” arXiv preprint, arXiv:2405.03561, 2024.

[7] A. Abdelgawad, T. Shohdy, A. Nada, “ Model- and Data-Based Control of Self-Balancing Robots: Practical Educational Approach with LabVIEW and Arduino,” arXiv preprint, arXiv:2405.03561, 2024.

[8] M. Zhang, Y. Wan, “Improving learning experiences using LEGO Mindstorms EV3 robots in control systems course,” International Journal of Electrical Engineering & Education, 60(4), 329-351, 2023.

[9] M. Stoychev, S. Kartunov, P. Rachev, “Application of Robots LEGO Mindstorms Education EV3 in the Learning Process of Specialty Mechatronics,” International Journal of Advancements in Mechanical and Aeronautical Engineering, 4(1), 2017.

Diterbitkan

2025-05-07

Cara Mengutip

Robot Self-Balancing Berbasis LEGO Mindstorm EV3 Untuk Pembelajaran Robotika. (2025). Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 11(1). https://doi.org/10.25170/cylinder.v11i1.6675

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1 | : 1

Cara Mengutip

Robot Self-Balancing Berbasis LEGO Mindstorm EV3 Untuk Pembelajaran Robotika. (2025). Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 11(1). https://doi.org/10.25170/cylinder.v11i1.6675