PENGUKURAN EFISIENSI VOLUMETRIK DENGAN MENGGUNAKAN BANGKU UJI MESIN MOTOR BENSIN BERBASIS FUEL INJECTION
DOI:
https://doi.org/10.25170/cylinder.v8i1.3905Kata Kunci:
Bangku uji, efisiensi volumetrik, fuel injection, engine power lossAbstrak
Hampir semua kendaraan baru pada saat ini menggunakan sistem distribusi bahan bakar berbasis sistem fuel injection. Keunggulan utama dari fuel injection adalah kemampuan untuk menyemprotkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan secara akurat ke dalam ruang bakar dengan bantuan Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatur sistem tersebut. Oleh sebab itu, mesin dengan menggunakan fuel injection system secara teori mengalami peningkatan efisiensi. Di penelitian ini, sebuah alat bangku uji (test bench) berbasis mesin motor empat-langkah dengan system bahan bakar injeksi telah sukses dirancang dan dibangun. Studi eksperimental dengan alat bangku uji dilaksanakan untuk mengukur untuk efisiensi volumetrik dan engine power loss dalam kondisi tanpa beban. Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa efisiensi volumetrik dari mesin sebesar 61,7% pada saat throttle sepenuhnya dibuka. Selain itu, putaran mesin juga merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi volumetrik dari mesin di mana peningkatan putaran mesin akan menghasilkan penurunan efisiensi volumetric. Lebih jauh lagi, Engine Power Losses (EPL) semakin meningkat seiring dengan peningkatan putaran mesin dengan nilai power loss tertinggi yang dihasilkan mesin sebesar 3,4 J/s pada putaran mesin 8000 RPM yang disebabkan oleh gabungan friction loss dan pumping loss.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.