Pembuatan Mesin Pemotong Singkong Semiotomatis untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Karihkil

Authors

  • Author Satu

Keywords:

mesin pemotong, semiotomatis, singkong

Abstract

Kemajuan zaman yang pesat menuntut masyarakat untuk bekerja lebih efektif dan efisien dengan mencoba meninggalkan pola kerja lama yang banyak mengandalkan tenaga manusia dengan mesin seiring dengan perkembangan teknologi menuju Industri 4.0.  Di desa Karihkil, Ciseeng, Kabupaten Bogor, banyak dijumpai penjual berbagai macam keripik singkong yang umumnya dibuat atau dikerjakan di rumah-rumah sebagai industri rumah tangga. Usaha ini masih dikerjakan secara manual sehingga memengaruhi kualitas dan kuantitas keripik singkong yang dihasilkan. Peluang usaha ini perlu dikembangkan lagi dengan menambah kapasitas pemotongan untuk pengusaha keripik singkong mengingat adanya keterbatasan alat produksi dalam perajangan/pemotongan yang umumnya masih menggunakan alat pemotong singkong manual. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Karihkil yang mempunyai usaha pembuatan keripik singkong melalui bantuan teknologi berupa pembuatan mesin perajang singkong semiotomatis. Dalam kegiatan ini dirancang dan difabrikasi mesin perajang singkong dengan sumber penggerak motor (menggunakan putaran engkol) sehingga akan didapatkan peningkatan hasil produksi dengan cara mempercepat proses pemotongan singkong. Mesin rajang ini didesain langsung dengan proses penggorengannya sehingga proses berlangsung satu kali tahapan untuk menghasilkan keripik singkong yang sudah langsung siap dikemas. Setelah penggunaan, terjadi peningkatan produksi keripik singkong sebesar dua kali lipat. Di samping itu, ketebalan (1 mm)  dan dimensi (diameter 3 cm) keripik singkong yang dihasilkan homogen dan tidak terjadi penggumpalan. Mesin ini juga dirancang untuk mengatasi kekurangan yang ada dari pengerjaan manual sebelumnya, seperti ketebalan pemotongan yang tidak teratur dan hasil potongan yang pecah-pecah.

References

Adlie, T.A., Fazri, & Elfianto, W (2015). Perancangan dan pembuatan mata pisau perajang singkong tipe vertikal. Jurnal Ilmiah JURUTERA, 2(1), 19-26.
Asep M. (2012). Mesin perajang singkong dengan penggerak motor listrik 0,5 hp. Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putera.
Budiyanto. (2012). Proyek akhir: Perancangan mesin perajang singkong. Proyek Akhir, Universitas Negeri Yogyakarta.
Madtori. (2018). Modifikasi mesin perajang buah sukun pada produksi keripik. Tugas Akhir, Universitas Persada.
Mustamin. (2019). Perancangan mesin perajang singkong. Enthalpy: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 4(1),1-7.
Stolk, J. & Kros, C. (1992). Elemen mesin (Elemen konstruksi bangunan mesin dari sambungan bantalan dan poros). Edisi II. Jakarta: Erlangga.
Sularso, K. S. (1983). Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta: Pradya Paramita.
Taqwim, A. & Sakti, A.M. (2017). Rancang bangun mesin pemotong singkong multi input dengan pendorong pegas. Jurnal Rekayasa Mesin,4(2), 53-59.
Taufikurrahman. (2010). Desain pengiris singkong secara horizontal. Jurnal TEKNIKA, XXVIII (1), 20-23.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 104 | : 67