About the Journal

 

Contoh gambar

Announcements

Additionalcontent here

 

Additional

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi pelanggan dalam membentuk minat beli produk melalui fitur Shopee Live. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD). Informan dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee Live berusia 20-25 tahun yang berdomisili di Jakarta. Metode lain yang digunakan adalah observasi platform Shopee Live dan studi pustaka. Hasil penelitian ini mengidentifikasi empat motivasi utama pelanggan dalam membentuk pembelian produk. Pertama, kemudahan proses transaksi dalam menjalin hubungan baru antara penjual dan pembeli melalui fitur e-commerce. Kedua, faktor produk, harga, dan layanan yang memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian. Ketiga, kepuasan pembelian dicapai dengan terpenuhinya kebutuhan sesuai kepribadian, persepsi, dan sikap pelanggan. Keempat, komunikasi yang menarik perhatian pada konten social commerce dapat meningkatkan keinginan untuk membeli.