Edukasi dan Workshop: Parfum Aman Mengurangi Risiko Efek Samping terhadap Kesehatan Kulit dan Saluran Pernapasan
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v9i2.7251Keywords:
edukasi kesehatan, parfum aman, pelatihan masyarakat, pre-test post-test, RPTRAAbstract
Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya bahan kimia dalam parfum non-BPOM dapat meningkatkan risiko iritasi kulit, gangguan saluran pernapasan, dan efek jangka panjang lainnya. Kegiatan edukasi dan workshop bertajuk “Parfum Aman Mengurangi Risiko Efek Samping terhadap Kesehatan Kulit dan Saluran Pernapasan” yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memilih serta membuat parfum aman. Kegiatan ini dilaksanakan di RPTRA Sutra Indah 3, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan diikuti oleh 21 peserta yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga. Metode yang digunakan mencakup pre-test, sesi edukatif interaktif, praktik pembuatan parfum, diakhiri dengan post-test dan survei kepuasan peserta. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 42,86% peserta memiliki tingkat pengetahuan kategori kurang, 57,14% cukup, dan hanya 4,76% dalam kategori baik. Setelah pelaksanaan kegiatan, hasil post-test menunjukkan peningkatan: 80,95% peserta berada dalam kategori baik dan19,05% dalam kategori cukup. Tidak ada peserta yang berada dalam kategori kurang. Uji normalitas dan homogenitas data menunjukkan p > 0,05, yang menandakan data valid untuk analisis parametrik. Hasil uji T berpasangan menunjukkan nilai p < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan secara statistik, terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata dari 46,67 menjadi 79,5. Survei kepuasan menunjukkan bahwa kegiatan diterima dengan sangat baik oleh peserta, dengan 74,29% menyatakan sangat puas dan 25,71% menyatakan puas. Respons positif ditunjukkan melalui komentar peserta yang merasa mendapatkan pengetahuan baru serta ketertarikan untuk menjadikan keterampilan ini sebagai peluang usaha. Pendekatan berbasis praktik langsung, materi yang komunikatif, dan pelibatan peserta secara aktif terbukti efektif. Program ini berpotensi untuk direplikasi pada wilayah lain guna meningkatkan literasi masyarakat terhadap keamanan produk rumah tangga.
References
Afdal. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening pada Parfum Azzwars Kota Padang. Journal of Media and Communication, 01(03), 111–131. https://doi.org/10.62379/jmc.v1i3.289
Afida, N. (2023). Formulasi Sediaan Parfum dengan Kombinasi Minyak Atsiri Jeruk Manis (Citrus Sinesis), Kenanga (Cananga Odorata), Melati (Jasminum Sp), dan Kayu Manis (Cinnamomun Burmanni). Bandung Conference Series: Pharmacy, 3(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsp.v3i2
Amanda, D., & Putri, S. (2025). Pengaruh Kualitas Konten Pemasaran di Tiktok dan Tingkat Keterlibatan Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Cruseka. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 341–354. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v3i3.4129
Astuti, D. S. (2025). Analisis Pemasaran Syariah di Toko Inhil Parfum Jl . Pintu Air Kecamatan Tembilahan. Jurnal Ilmu Sosial & Hukum Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1635–1643. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1383
Aulia, C. (2025). Pengambangan Inovasi Produk Parfum Sepatu yang Dijual Online dan Offline Pada UKM “ Cleds Pro .” Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(1), 196–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3676
Bahtiarachim, B. (2025). Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Saff N Co. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 1055–1063. https://doi.org/https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i4.158
Chairunnisa, M. (2023). Pembuatan dan Evaluasi Parfum Eau De Toilette dari Minyak Nilam (Pogostemon Cablin) dan Adas (Foeniculum Vulgare) dengan Wewangian Buah. Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri, 1(1), 301–306. https://doi.org/https://proceedings.ums.ac.id/rapi/article/view/3515/3320
Dwijayant, A. (2024). Pembuatan dan Evaluasi Parfum dari Minyak Atsiri Jeruk Purut (Citrus hystrix) dan Serai Wangi (Cymbopogon nardus). Seminar Nasional Teknik Industri, 1(1), 7–11. https://doi.org/https://e-jurnal2.lppmunsera.org/index.php/senasti/article/view/297
Fadilah, M. R. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Komunikasi Antar Konsumen, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Parfum Vitalis di Cikarang. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 168–175. https://doi.org/https://doi.org/10.61787/d6dzxb12
Ginting, Z., Ishak, I., & Ilyas, M. (2021). Analisa Kandungan Patchouli Alcohol dalam Formulasi Sediaan Minyak Nilam Aceh Utara (Pogostemon Cablin Benth) Sebagai Zat Pengikat Pada Parfum (Eau De Toilette). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.29103/jtku.v10i1.4162
Iin Hardiyati. (2020). Formulasi dan Evaluasi Solid Parfumedengan Basis Karagenanan Menggunakan Essensial Oil Citrus (Citrus Sinensis), Jasmine (Jasminum Sambac) dan Vanila (Vanila Planifolia). ISTA Online Technologi Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/http://iontech.ista.ac.id/index.php/iontech
Kusala, K. V. (2023). Pembuatan Parfum Wewangian Vanila, Melati, dan Nanas Berbasis Minyak Nilam (Pogostemon Cablin Benth). Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri, 1(1), 295–300. https://doi.org/https://proceedings.ums.ac.id/rapi/article/view/3514
Masita. (2024). Pembuatan sediaan serum dari ekstrak Gama Melon Parfum (GMP) di Laboratorium Farmasi Universitas Gadjah Mada. Filogeni: Jurnal Mahasiswa Biologi, 4(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/filogeni.v4i1.34997
Maudhy, C. F. (2023). Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Pelarut (Solvent) terhadap Daya Tahan Secara Sensori. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(2), 346–351. https://doi.org/https://jim.usk.ac.id/JFP/article/view/24395
Rahim, F., & Gustin, A. (2021). Formulasi Parfum Padat dari Beberapa Varian Biang Parfum. Seminar Kesehatan Perintis, 4(2), 2622–2256. https://doi.org/https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/689
Reawaruw, V. A. (2025). Analisis Penerapan SAK EMKM dalam Pencatatan Keuangan pada UMKM Parfum Sadap. Journal Tagalaya, 2(1), 153–162. https://doi.org/10.71315/jtpkm.v2i1.156
Rezy, M. A. (2025). Pelatihan Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Pada UMKM Parfum Bandoeng Pasar Baru Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 12(01), 1696–1700. https://doi.org/https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/2299
Syika, M. (2025). Implementasi dan Pelatihan Aplikasi P.O.S untuk Optimalisasi Pengelolaan Usaha pada Toko Punk Chaos Parfum. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS), 3(5), 145–152. https://doi.org/https://jurnal.nawansa.com/index.php/abdimas/article/view/443
Wibisono, A. B. (2025). Style Dadaisme pada Desain Kemasan Parfum Lokal Monji Sebagai Strategi Promosi untuk Merespon Tren Unboxing di Media Sosial. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(1), 67–82. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/gestalt.v7i1.378
Yuniarti, N. (2024). Formulasi Eau de Parfum Berbahan Dasar Minyak Atsiri Khas Sukabumi sebagai Repellent terhadap Aedes aegypti. Jurnal Kimia Dan Terapannya, 7(2), 7–15. https://doi.org/10.17977/um0260v7i22023p007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulius Evan Christian, Marisa Magdalena, Anastasia Dini Suri, Zefanya Meribeth S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.