Pelatihan Kreativitas Siswa SMA Methodist Tanjung Morawa Dengan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.5460Keywords:
kreativitas, media, pelatihan , siswa, sosialAbstract
Perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Era digital atau "dunia maya" telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, termasuk yang dialami oleh SMA Methodist Tanjung Morawa. SMA tersebut telah menggunakan aplikasi Edmodo sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, aplikasi ini memungkinkan guru untuk membagikan beragam konten dan berkomunikasi dengan siswa serta orang tua. Namun, tantangan muncul dalam proses pembelajaran yaitu penggunaan media sosial dan permainan daring yang semakin tidak terkendali. Untuk mengatasi hal ini, sekolah berkolaborasi dengan tim PkM untuk memberikan pelatihan kepada para siswa tentang pengembangan kreativitas dengan menggunakan media sosial. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dengan fokus pada pemberian pengetahuan dan praktik langsung dalam menggunakan media sosial untuk menghasilkan konten yang kreatif dan positif. Diharapkan, melalui pelatihan ini, siswa dapat memanfaatkan teknologi secara lebih efektif dan menghasilkan konten yang memberi dampak positif bagi mereka khususnya dalam proses belajarnya di bangku sekolah dan tentunya bagi lingkungan sekitar.
References
Aithal, A., & Aithal, P. S. (2020). Development and Validation of Survey Questionnaire & Experimental Data – A Systematical Review-based Statistical Approach. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3724105
Amalina, A. N., Afina, N. N., & Susilo, F. (2024a). Pengaruh Digitalisasi Perangkat Sekolah terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 541–545. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Amalina, A. N., Afina, N. N., & Susilo, F. (2024b). Pengaruh Digitalisasi Perangkat Sekolah terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Teori Belajar Konstruktivisme. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 541–545. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Anis, L., Perez, G., Benzies, K. M., Ewashen, C., Hart, M., & Letourneau, N. (2020). Convergent Validity of Three Measures of Reflective Function: Parent Development Interview, Parental Reflective Function Questionnaire, and Reflective Function Questionnaire. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.574719
Carta, S., Podda, A. S., Recupero, D. R., Saia, R., & Usai, G. (2020). Popularity Prediction of Instagram Posts. Information, 11(9), 453. https://doi.org/10.3390/info11090453
Gabrielova, K., & Buchko, A. A. (2021). Here comes Generation Z: Millennials as managers. Business Horizons, 64(4), 489–499. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2021.02.013
Goodrick, D. (2020). Comparative Case Studies. www.unicef-irc.org
Haekal, I. (t.t.). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Interperaktif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Aqil. Analisis Pemanfaatan Aplikasi, 2(1), 2024. https://doi.org/10.5281/zenodo.10621072
Halid, H., Yusoff, Y. M., & Somu, H. (2020). The Relationship Between Digital Human Resource Management and Organizational Performance. Proceedings of the First ASEAN Business, Environment, and Technology Symposium (ABEATS 2019). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200514.022
Hamdanesti, R., & Oresti, S. (2021). The Effectiveness of Comparison of the Use of the Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) with Denver II on Development Children aged 0 – 72 months in the Dadok Primary Health Center Work Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 11(04), 207–213. https://doi.org/10.33221/jiiki.v11i04.1532
Katharina, K. (2022). Faktor-Faktor Penentu Strategi Korporasi Dalam Perubahan Teknologi Dan Kemampuan Inovasi. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 20(1), 55–64. https://doi.org/10.32524/jkb.v20i1.383
Lumembang, M. M., & Bandari, T. (2024). Utilitas Platform Digital pada Pembelajaran Fisika Kelas X MAN Pinrang di Masa Endemi. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.58917/ijpe.v3i1.104
Mahmoud, A. B., Fuxman, L., Mohr, I., Reisel, W. D., & Grigoriou, N. (2021). We aren’t Your Reincarnation! ” Workplace Motivation Across X, Y and Z Generations. International Journal of Manpower, 42(1), 193–209. https://doi.org/10.1108/IJM-09-2019-0448
Mccoy, B. R. (2020). Gen Z and Digital Distractions in the Classroom: Student Classroom Use of Digital Devices for Non-Class Related Purposes. Journalism and Mass Communications, College of Mass Communication. https://digitalcommons.unl.edu/journalismfacpub
Rifandi, D. A., & Irwansyah, I. (2021). Perkembangan Media Sosial pada Humas Digital dalam Industri 4.0. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 141–151. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5376
Rikayanti, R., Abadi, A. P., Dewi, I. R., & Adham, M. J. I. (2023). Penyusunan Bahan Ajar Matematika Berbasis IT (Edmodo-QR Code, Cabry 3D, dan Screen Shoots O Matic) untuk Guru SMK Se-Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 257–265. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.793
Sujoko, A., Prianti, D. D., Wahyudi, D., & Lestari, M. R. S. (2023). Literasi Media Digital bagi Gen-Z di MAN 1 Kota Malang. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(4), 577–585. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i4.4681
Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people. Technology in Society, 65, 101565. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101565
Wijonarko, G. (2021). Analisis Kinerja, Disiplin, dan Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Mempengaruhi Pemanfaatan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia. Teknika, 10(3), 225–231. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i3.412
Yuli Nurhanisah Nurhanisah. (2024, Februari 2). 221 Juta Penduduk Indonesia Makin Melek sama Internet. Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/221-juta-penduduk-indonesia-makin-melek-sama-internet
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sophya Hadini Marpaung, Zulpa Salsabila, Riche

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.