Pelatihan Keterampilan Mengajar Literasi Numerasi bagi Guru YPPK Yan Smit Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua

Authors

  • Magdalena Chori Rahmawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Clara Ika Sari Budhayanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Inosius Kalakmabin Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Amalia Balmuki Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4766

Keywords:

keterampilan mengajar , literasi numerasi , pelatihan guru

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SD. Pembelajaran matematika untuk menumbuhkan literasi numerasi siswa tidaklah mudah, terutama bagi guru-guru SD YPPK Yan Smit Agats Papua. Hal ini terbukti masih banyak peserta didik di daerah tersebut yang belum menguasai literasi numerasi dasar, seperti penjumlahan dan pengurangan, padahal sudah berada di kelas tinggi (4-6) tingkat SD. Salah satu faktor penyebabnya adalah guru tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan, sehingga tidak memiliki bekal keterampilan dalam mengajar literasi numerasi. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan bagi guru-guru SD YPPK Yan Smit Agats Papua dalam mengajar literasi numerasi kelas awal, sehingga peserta didik memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan diikuti oleh 25 guru SD di bawah naungan YPPK Yan Smit Agats Papua. Pelatihan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan whatsapp dengan tiga tahapan pelatihan, yaitu prapelaksanaan, pelaksanaan, dan pascapelaksanaan. Melalui pelatihan ini, seluruh peserta dilatih cara mengajar keterampilan numerasi. Hasil pelatihan menunjukkan (a) pemahaman guru terkait implementasi literasi numerasi dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 18% menjadi 79%, (b) guru dapat membuat rancangan pembelajaran yang mengimplementasikan literasi numerasi, dan (c) guru dapat berbagi praktik baik tentang implementasi literasi numerasi dalam pembelajaran.

 

 

References

Abidin, Y., & Tita, M. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Apriyani, D. C. N., Meifiani, N. I., & Hidayat, T. (2021). Peningkatan kemampuan literasi matematis melalui integrasi nilai religius dan kewirausahaan. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas Tahun.

Budhayanti, C.I.S. (2019). Persepsi guru terhadap program literasi numerasi di sekolah dasar Tangerang. Tidak dipublikasikan. Unika Atma Jaya.

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R. (2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9-18t. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Hartati, T. (2016). Multimedia dalam pengembangan literasi di sekolah dasar terpencil Jawa Barat. Jurnal Edutech, 15(3), 21–31. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i3.4873

Indriani. (2021). Angka buta aksara di indonesia turun menjadi 1,71 persen. Antaranews.com. Diakses dari https://makassar.antaranews.com/berita/295474/ angka-buta-aksara-di-indonesia-turun-menjadi-171- persen pada tanggal 17 September 2021.

Kemendikbud, (2016). Panduan gerakan literasi sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 (Insights and interpretations). OECD Publishing, 5 (XVII), 236.

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021, October). Pelatihan literasi dan numerasi guru matematika SMP bertipe asesmen kompetensi minimum. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 3(1), 1243-1248. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/7646

Siregar, P. (2022). Pelaksanaan pembelajaran literasi numerasi pada siswa kelas 5b SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 366-376. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.944

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal hots. Indonesian Digital Journal of Mathematic and Education, 5, 556-575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021, December). Peran mahasiswa sebagai penggerak literasi bahasa dalam program kampus mengajar di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni,. 1, 237-241. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24805

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahmawati, M. C., Clara Ika Sari Budhayanti, Inosius Kalakmabin, & Amalia Balmuki. (2023). Pelatihan Keterampilan Mengajar Literasi Numerasi bagi Guru YPPK Yan Smit Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 159–170. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4766
Abstract views: 190 | PDF downloads: 176