Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan Pada Santri di Pesantren Mas Ulul Albab Kota Ternate

Penulis

  • Suparman Suparman Universitas Khairun
  • Hasan Hamid Universitas Khairun
  • Ade Haerullah Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.5857

Kata Kunci:

pencegahan; pengabdian kepada masyarakat; perundungan; pesantren

Abstrak

Kekerasan seksual dan bullying/perundungan merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental korban, termasuk di lingkungan pendidikan seperti pesantren. Kegaiatan yang dirancang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan santri di Pondok Pesantren Ulul Al Baab Ternate dalam mencegah kekerasan seksual dan perundungan melalui pelatihan. Pelatihan dilaksanakan sebagai bagian dari program pendampingan tim pengabdian universitas Khairun dan melibatkan 38 santri dari kelas X, XI, dan XII, dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Materi pelatihan meliputi sosialisasi peraturan pencegahan kekerasan seksual dan perundungan di satuan pendidikan, pengenalan tanda-tanda awal korban, dan penanganan dasar kasus kekerasan seksual dan perundungan. Tim pelatihan bekerja sama dengan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Khairun (SATGAS PPKS UNKHAIR). Keberhasilan pelatihan dinilai berdasarkan peningkatan pengetahuan santri tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dan perundungan, yang diukur melalui tes awal dan tes akhir. Pengetahuan santri dalam hal pencegahan kekerasan seksual dan bullying/perundungan secara umum meningkat sebanyak 56% dari 31% menjadi 67% stelah pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keamanan dan kesejahteraan di lingkungan pendidikan pesantren serta menjadi acuan bagi pesantren lain dalam mengembangkan program pencegahan kekerasan dan perundungan.

Referensi

Apriyani, Tamar, M., & Rialita, R. (2023). Pengaruh Media Audiovisual Hands Only Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Penanganan Henti Jantung pada Siswa/I PMR Di SMA Negeri 1 Ujan Mas. JIKA: Jurnal Inspirasi Kesehatan, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.52523/jika.v1i1.7

Astuty. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Kasus Bullying di Madrasah. PINCIS: Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies, 1(1), 537–546.

Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751

Frieswaty, Setiawan, T., & Hermanto, Y. P. (2022). Mengatasi Degradasi Moral Anak Remaja Akibat Pengaruh Media Sosial. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.81

Hidayat M, W., Safanah, N. A. A., Awalia, R., B, M. A., & Ansyah, A. (2023). SafeTalk: Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kasus Pelecehan Seksual dan Bullying untuk Mengatasi Perilaku Kekerasan di Sekolah. Indonesia Technology and Education Journal, 01(02), 94–105.

Junita, N., & Hafnidar, H. (2022). Pembentukan Komunitas Perlindungan Kekerasan pada Anak dan Implementasi Kegiatan. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.10

Khotimah, R. N., Masitha Arsyati, A., & Saputra Nasution, A. (2022). Gambaran Pengetahuan Remaja mengenai Seksual Pranikah Di SMA "X” Kota Bogor Tahun 2021. Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6125

Marbun, J. (2024). Memahami dan Menghargai Manusia dalam Tingkatnya Kasus Bullying di Indonesia. Jurnal Kritis Studi Hukum, 9(5), 1–6.

Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying untuk Sekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Sosio Informa, 01(01), 13–28.

Putri, D. L. (2022). Pengetahuan dan Sikap Remaja berhubungan dengan Pelecehan Seksual di SMK X Kab. Bogor Tahun 2022. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 1(11), 427–431. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v1i11.169

Rahman, I. K., Andriana, N., & Syahrozak, S. (2023). Menelisik Fenomena Bullying di Pesantren. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 156–167.

Rahmawati, F., & Saputra, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran sebagai Konten Online Learning Guru di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.40

Ridwan, F. R. N., & Yustia, D. A. (2024). Pentingnya Pendampingan Hukum bagi Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual: Kebutuhan dan Keharusan Hukum Pidana. LEGAL STANDING: JURNAL ILMU HUKUM, 8(2), 352–368. https://doi.org/10.24269/ls.v8i1.8545

Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). Kekerasan Seksual terhadap Perempuan (Kajian Perbandingan Indonesia-India). Balobe Law Journal, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.47268/balobe.v2i1.791

Siswati, Y., & Saputra, M. (2023). Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(7), 216–225. https://doi.org/10.56393/decive.v3i7.1656

Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Suparman, S., Bahtiar, B., & Tamalene, M. N. (2018). Penerapan Program Gen Aktif (Generasi Anti Kekerasan, Narkoba, dan Zat Adiktif Lainnya) pada Pelajar Kota Ternate. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.130

Suparman, S., Roini, C., Limatahu, I., Sari, I. J., Hasan, S., & Hasanudin, M. (2023). Pelatihan Bioinformatika pada Guru MGMP Biologi SMA Kota Ternate dalam Menganalisis Data Genbank. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(9), 3299–3308.

Syafwar, R., Marwenny, E., Fauzi, E., Wahyuni, S., Citra, H., Harniwati, Falillah, A., Puspita, L., & Putra9, Y. D. (2024). Sosialisasi dan Stop ! Perundungan di Sekolah Menuju Lingkungan Sekolah Bebas Perundungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 03.(01), 46–55. file:///C:/Users/User/Downloads/document.pdf

Veronika, N. D., Saroni, S., & Muntahanah, M. (2022). Aplikasi Pengaduan Bullying dan Kekerasan Anak Serta Perempuan Menggunakan Location Base Service. Pseudocode, 9(2), 95–105. https://doi.org/10.33369/pseudocode.9.2.95-105

Wahyuni, & Ernawati, S. (2022). Bullying dan Mental Hygiene Santri di Pondok Pesantren Jember. Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 123–133.

Zunaidi, A. (2024). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas (U. S. Hidayatun (ed.); 1st ed., Issue 1). Yayasan Putra Adi Dharma.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-04

Cara Mengutip

Suparman, S., Hamid, H., & Haerullah, A. (2025). Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan Pada Santri di Pesantren Mas Ulul Albab Kota Ternate. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(1), 73-83. https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.5857