Pelatihan Menyusun Neraca Saldo untuk Perusahaan Jasa dan Dagang pada Siswa SMA St. Tarsisius I

Penulis

  • Ferry Adang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • Jennifer Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • Erica Goh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • Heni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.6470

Kata Kunci:

Akuntansi, Neraca Saldo, Pelatihan, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep neraca saldo, khususnya dalam memastikan keseimbangan antara debit dan kredit dalam laporan keuangan menjadi salah satu tantangan dalam pembelajaran akuntansi di tingkat pendidikan menengah dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini hadir untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA Tarsisius 1 mengenai penyusunan neraca saldo sebagai bagian dari siklus akuntansi. Kegiatan ini melibatkan tujuh siswa dan dilaksanakan secara luring pada 18 September 2024 dengan durasi 90 menit. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi selama kegiatan berlangsung dan evaluasi hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal latihan dan kuis akhir yang dirancang untuk mengukur penguasaan konsep dasar neraca saldo. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif melalui rekapitulasi hasil kuis siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa lebih dari separuh peserta berhasil mencapai nilai di atas 70%, yang mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi yang diberikan. Pelatihan ini juga menjadi langkah awal dalam menanamkan literasi akuntansi sejak dini dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di dunia pendidikan lanjutan maupun dunia profesional, termasuk pengenalan terhadap standar akuntansi global seperti IFRS.

Referensi

Accurate.id. (2024). Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi, Cara Menyusun, dan Contohnya. Diakses pada 18 Januari 2025 dari https://accurate.id/akuntansi/neraca-saldo/Alam S. (2018). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Esis.

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : Percetakan CV. ANDI Offset.

DetikFinance. (2025). Apa Itu Neraca Saldo? Ini Fungsi, Manfaat, Cara Menyusun dan Contohnya. Diakses pada 18 Januari 2025 dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7062683/apa-itu-neraca-saldo-ini-fungsi-manfaat-cara-menyusun-dan-contohnya

Dewi Prima, S., dkk. (2018) Panduan Belajar Pengantar Akuntansi. Bogor: In Media

Firmansyah, H. & Nurdiansyah, D. (2016). Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Ekonomi 3 untuk SMA/MA Kelas XII Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Grafindo Media Pratama

Hanafi, M. M., & Halim. A. H. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YPKN.

Puwanto, M. (2022). Peran Filsafat Ilmu Fondasi Utama dalam Penelitian Akuntansi Multiparadigma. Soetomo Communication and Humanities, 3(2), 67 – 75. https://doi.org/10.25139/sch.v3i2.5909

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-172.

Sari, D. M., & Fitriastuti, T. (2016). Dasar Akuntansi Pemahaman Konsep dan Praktek. Samarinda : Mulwarman University Press.

Wardayati Maria, S. Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang & Koperasi. (2016) Malang: Selaras Media Kreasindo.

Weygant, Jerry J., Paul D. Kimmel, And Donald E. Kieso., (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.

Yan, Z., & Pastore, S. (2022). Assessing teachers’ strategies in formative assessment: The Teacher Formative Assessment Practice Scale. Journal of Psychoeducational Assessment. https://doi.org/10.1177/07342829221075121

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-23

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Adang, F., Jennifer, Erica Goh, & Heni. (2025). Pelatihan Menyusun Neraca Saldo untuk Perusahaan Jasa dan Dagang pada Siswa SMA St. Tarsisius I. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(1), 12-22. https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.6470