Penyuluhan Aktivitas Pembelajaran Aktif Inovatif untuk Membentuk Karakter Anak di Yayasan Sosial Lumba-Lumba
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v9i1.6643Kata Kunci:
aktivitas pembelajaran, aktif inovatif, karakter anakAbstrak
Penguatan karakter peserta didik menjadi salah satu sasaran yang ingin dituju dan unsur kreatif dan inovatif menjadi tata nilai dari Kemendikbudristek. Penguatan karakter peserta didik akan sangat baik bila dilakukan sejak anak usia dini karena usia dini merupakan masa di mana manusia sangat kreatif dan sangat peka dengan rangsang. Oleh karena pembelajaran anak usia dini memegang peranan sangat penting dalam perkembangan diri seorang manusia, maka pembelajaran anak usia dini harus dirancang sebaik mungkin dengan mempertimbangkan perkembangan kognisi dan emosi anak serta dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi yang ada. Adapun tujuan tim pengabdian Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya ini adalah untuk memberikan penyuluhan tentang aktivitas pembelajaran sederhana yang aktif-inovatif dan menyenangkan untuk membentuk karakter anak kepada guru-guru dan perwakilan orangtua murid di Yayasan Lumba-Lumba. Metode yang digunakan adalah 1) penyuluhan tentang kegiatan belajar yang menyenangkan, sederhana, aktif, dan inovatif, dalam upaya membentuk karakter siswa. 2) Simulasi atau demo aktivitas belajar sambil bermain/belajar yang menyenangkan, seperti permainan kelompok. Dari kegiatan yang berlangsung singkat, memang belum bisa diukur ketercapaian kegiatan secara mendalam. Apalagi pola pikir dan pola asuh yang diterapkan di keluarga di kawasan tersebut telah berlangsung bertahun-tahun dan bahkan mungkin berpuluh tahun, turun-temurun. Perlu kegiatan serupa yang dilakukan berulang kali yang diberikan kepada warga di kawasan tersebut yang merupakan warga binaan Yayasan Sosial Lumba-Lumba.
Referensi
Badan Pusat Statisitik Provinsi DKI Jakarta. (2023). statistik pendidikan prasekolah provinsi DKI Jakarta 2023. https://jakarta.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=M2Q4NWY5Nzg3YTZmMmM5ZGVjNzU4OTY5&xzmn=aHR0cHM6Ly9qYWthcnRhLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDI0LzA1LzMxLzNkODVmOTc4N2E2ZjJjOWRlYzc1ODk2OS9zdGF0aXN0aWstcGVuZGlkaWthbi1wcmFzZWtvbGFoLXByb3ZpbnNpLWRraS1qYWthcnRhLTIwMjMuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyNC0wNi0xNSAxNTozNjo0Mg%3D%3D
BPS Kota Jakarta Utara [a]. (2020). Luas Wilayah Penduduk Kepadatan Penduduk dan Rasio Jenis Kelamin 2019-2020. https://jakutkota.bps.go.id/indicator/12/215/1/luas-wilayah-penduduk-kepadatan-penduduk-dan-rasio-jenis-kelamin.html
BPS Kota Jakarta Utara [b]. (2020). Jumlah Penduduk Miskin DKI Jakarta. https://jakutkota.bps.go.id/site/resultTab
BPS Kota Jakarta Utara [c]. (2022). Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas yang Bekerja Selama Seminggu yang Lalu Menurut Status Pekerjaan Utama dan Jenis Kelamin di Kota Jakarta Utara 2019-2022. https://jakutkota.bps.go.id/indicator/6/236/1/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-selama-seminggu-yang-lalu-menurut-status-pekerjaan-utama-dan-jenis-kelamin-di-kota-jakarta-utara.html
Fleer, M., & Veresov, N. (2018). Cultural-Historical and Activity Theories Informing Early Childhood Education. In M. Fleer (Ed.), International Handbook of Early Childhood Education (1st ed.). Springer Science+Business Media B.V.
Gunawan, G. (2019). CERITA DONGENG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Tampung Penyang, 17(01), 73–87. https://doi.org/10.33363/tampung-penyang.v17i01.430
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2019). Entrepreneurship (11th ed.). McGraw-Hill Education.
Kemdikbudristekdikti. (2020). Visi dan Misi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Tentang-Kemdikbud/Visi-Dan-Misi.
Kennard, M. (2021). Innovation and Entrepreneurship. Routledge.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Munisah, E. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 73–84. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i2.273
Muthmainnah, , Herawati,. (2020). KARAKTERISTIK BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–23. https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6379
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Samsinar, S., Fatimah, S., & Adrianti, R. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (1st ed.). Akademia Pustaka. http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1305
Tabroni, I., Hardianty, D., & Purnama Sari, R. (2022). The Importance of Early Childhood Education in Building Social and Emotional Intelligence in Children. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1219–1226. https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/229/173
Ulfah, M., Aryani, S. A., & Maemonah, M. (2023). Neuroparenting Book Development: Stimulation of Children’s Brain Development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3567–3578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4689
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ati Cahayani, Aristo Surya Gunawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.