Mengakselerasi Daya Saing UMKM melalui Transformasi Digital Marketing: Studi pada Toko Kosmetik Luxolla

Penulis

  • Ni Wayan Adelia Mutiara Asri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Tifani Dame Hasany Universitas Mataram
  • Dinis Cahyaningrum Universitas Mataram
  • Dhanny Safitri Universitas Mataram
  • Isra Dewi Kuntary Ibrahim Universitas Mataram
  • Lale Puspita Kembang Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v9i2.7184

Kata Kunci:

Analysing, Digital Marketing, Planning, Search Engine Optimization, UMKM, UMKM, Digital Marketing, community training

Abstrak

Luxolla adalah sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor kosmetik dan perawatan kulit, mulai didirikan pada tahun 2023 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tantangan utama yang dihadapi usaha ini meliputi ketiadaan elemen identitas visual seperti logo, serta belum optimalnya strategi pemasaran secara digital. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan fokus pada pembuatan desain logo dan pelatihan terkait pemasaran digital, termasuk pembuatan konten serta pengelolaan toko daring (e-commerce). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup survei awal, penyampaian materi melalui presentasi, diskusi partisipatif, serta pendampingan langsung dalam proses desain. Pelatihan digital marketing diberikan agar Luxolla mampu memaksimalkan pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce secara lebih efektif. Output dari kegiatan ini berupa hasil desain logo baru serta peningkatan pemahaman dan keterampilan pemilik usaha dalam mempromosikan produk secara online. Harapannya, program ini dapat memperkuat daya saing Luxolla di pasar dan turut mendorong pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.

Referensi

Afira, R., & Marta, W. (2021). Sosialisasi desain visual brand identity friendly bagi usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Majalah Ilmiah UPI YPTK, 54-59.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674-681.

Anggraeni, D., Triany, N. A., Apriyanto, A., & Sutresna, A. (2025). Komunikasi Korporat: Seni dan Strategi Membangun Citra Perusahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Budihardja, L., & Sitinjak, T. (2022). Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pada Konsumen Sepatu Nike Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(2), 1-8.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.

Hariyono, R. C. S., Kom, M., Khasanah, M. A., Nursetyo, A., Kom, M., Hartati, S., & Prasetyono, R. N. (2024). Praktikal Untuk Berwirausaha Pemula dan Strategi Branding Produk. Wawasan Ilmu.

HUB UMK (2025). Wajah bisnis Anda: Mengapa logo penting? HUB UMK Banjarbaru. Diakses pada 12 Juli 2025, dari https://hubumk-banjarbaru.id/wajah-bisnis-anda-mengapa-logo-penting/

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan branding dan packaging UMKM ikatan pengusaha Aisyiyah di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32-36.

Mega Utami, C., Sri, M. A., & Hastuti, W. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Batik Ecoprint dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Syamsinar Tulungagung. JURNAL ECONOMINA, 3(7). https://doi.org/10.55681/economina.v3i7.1405

Rahmawati, D., & Kusniawati, A. (2020). Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 38-48.

Diterbitkan

2025-10-13

Cara Mengutip

Asri, N. W. A. M. ., Hasany, T. D. ., Cahyaningrum, D. ., Safitri, D. ., Ibrahim, I. D. K. ., & Kembang, L. P. . (2025). Mengakselerasi Daya Saing UMKM melalui Transformasi Digital Marketing: Studi pada Toko Kosmetik Luxolla. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 182-192. https://doi.org/10.25170/mitra.v9i2.7184