BioTech Talk: A Virtual Social Campaign Activity to High School Students on a Healthy Lifestyle
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v7i1.3329Kata Kunci:
COVID-19, Instagram, questionnaire, school, YoutubeAbstrak
Siswa SMA termasuk dalam kategori usia (12-18 tahun) yang baru mulai memperoleh vaksin COVID-19 pada bulan Juni 2021. Tidak lama setelah itu pembelajaran tatap muka di sekolah dan kampus sudah mulai diberlakukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan sosialisasi virtual yang mengajak para siswa SMA, khususnya yang menjadi calon mahasiswa baru di Fakultas Teknobiologi (FTb) Unika Atma Jaya, untuk memahami pentingnya gaya hidup sehat, disiplin mengikuti protokol kesehatan, fakta tentang vaksin COVID-19, dan bijak mengurangi limbah masker agar dapat mencegah peningkatan kembali kasus penularan dan kematian akibat infeksi COVID-19. BioTech Talk dilakukan secara virtual dan asinkronus menggunakan akun media sosial resmi FTb Unika Atma Jaya, seperti Instagram dan Youtube. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 minggu pada tanggal 1 Oktober s.d. 16 November 2021 dalam bentuk publikasi materi infografik sebanyak 6 buah dan video mini talkshow sebanyak 4 episode. Hasil kegiatan ini dilihat dari jumlah pembaca (viewer) dan penyuka (likes) setiap materi yang cukup banyak. Materi infografik dan video yang diunggah pada Instagram memperoleh jumlah pembaca dan penyuka jauh lebih banyak dibandingkan Youtube. Para pembaca juga diminta untuk mengisi post-test dan kuesioner acara sebagai bentuk evaluasi terhadap keterikatan dan ketertarikan pembaca pada setiap episode video sosialisasi. Skor rerata post-test minimal 77 dan sebanyak 60% responden kuesioner menyatakan materi disampaikan dengan jelas dan relevan. BioTech Talk telah terselenggara dengan baik dan sesuai jadwal serta mampu menambah pengetahuan pembaca/penonton tentang gaya hidup sehat melalui pengenalan pangan fermentasi dan bijak dalam membaca label pangan, pentingnya protokol kesehatan dan vaksin, serta bijak dalam mengurangi limbah masker.
Referensi
Al-Eisa, E., Al-Rushud, A., Alghadir, A., Anwer, S., Al-Harbi, B., Al-Sughaier, N., Al-Yoseef, N., Al-Otaibi, R., & Al-Muhaysin, H. A. (2016). Effect of motivation by “Instagram” on adherence to physical activity among female college students. BioMed Research International, 2016(1546013), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2016/1546013
Bramasta, D. B. (2021). Berlaku hari ini, berikut aturan lengkap PPKM darurat Jawa-Bali. Retrieved July 28, 2021, from https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/03/060300065/berlaku-hari-ini-berikut-aturan-lengkap-ppkm-darurat-jawa-bali?page=all
Carpenter, J. P., Morrison, S. A., Craft, M., & Lee, M. (2020). How and why are educators using Instagram? Teaching and Teacher Education, 96(103149), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103149
Darabi, A., Arrastia, M. C., Nelson, D. W., Cornille, T., & Liang, X. (2010). Cognitive presence in asynchronous online learning: A comparison of four discussion strategies. Journal of Computer Assisted Learning, 27(3), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2010.00392.x
Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran media sosial terhadap gaya hidup siswa. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
Lu, Z., Xia, H., Heo, S., & Wigdor, D. (2018). You watch, you give, and you engage: A study of live streaming practices in China. CHI ’18: Proceedings of the 2018 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3173574.3174040
Madrim, S. (2021). Survey indicator: 41 persen masyarakat enggan divaksin. Retrieved July 28, 2021, from https://www.voaindonesia.com/a/survei-indikator-41-persen-masyarakat-enggan-divaksin/5786694.html
Rahayu, R. N., & Sensusiyati, S. (2020). Analisis berita hoax Covid-19 di media sosial di Indonesia. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(9), 60–73.
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The effectiveness of Youtube as an online learning media. Journal of Education Technology, 5(1), 152–158. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628
WHO. (2021). COVID-19 weekly epidemiological update. Retrieved July 28, 2021, from https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20210202_weekly_epi_update_25.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Widya Agustinah, Listya Utami Karmawan, Renna Eliana Warjoto, Daru Seto Bagus Anugrah Bagus, Daniel Imanuel Yaurentus, Christian Kenneth
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.