Peran Peran Akademisi dalam Peningkatan Kualitas SDM melalui Penggunaan Platform Teknologi Digital

Penulis

  • Sutarmin Sutarmin Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v7i1.4161

Kata Kunci:

Digitalisasi, Kualitas SDM, Sekolah Penggerak, Platform teknologi

Abstrak

Salah satu organisasi yang sadar diri dan harus selalu berubah adalah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbuddikti). Kementrian Kependidikan dan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi terus berupaya mengejar ketertinggalan melalui penyempurnaan kurikulum dan membuat terobosan melalui 5 intervensiprogram sekolah penggerak. Kelima intervensi tersebut adalah (1) Pendampingan konsutatif dan asimetris, (2) Penguatan SDM Sekolah, (3) Pembelajaran Paradigma baru, (4) Perencanaan Berbasis Data serta (5) Digitalisasi Sekolah. Pelaksanan implementasi kegiatan dilaksanakan secara daring dengan media Gmeet. Narasumber berasal dari para akademisi yang telah memperoleh pembekalan. Khalayak sasaran adalah para kepala sekolah, pengawas dan komite pembelajaran dari masing-masing satuan pendidikan. Pada saat bimtek dimulai denganperkenalan, icebreaking dan pembelajaran dengan tahapan MERRDEKA yang merupakan rangkuman atau kependekan dari Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman dan Aksi Nyata. Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk  mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Ada menu-menu utama dalam platform merdeka mengajar, yaitu: Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas dan Video Inspirasi.

Referensi

Govindarajan, V. (2016). The three-box solution: A strategy for leading innovation: Harvard Business Review Press.

Kamioka, T., Hosoya, R., & Tapanainen, T. (2017). Effects of user IT capabilities and organized big data analytics on competitive advantage.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 33(1), 70-82. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. DOI: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Sirait, S., Murniarti, E., & Sihotang, H. (2021). Implementation of hots-based learning and problem-based learning during the pandemic of COVID-19 in SMA Budi Mulia Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 296-305. DOI:10.14738/assrj.82.9727.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. (2022). Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengenalan platform Simba dalam meningkatkan pemahaman media pembelajaran kepada tenaga pendidik di SMPN 10 Cilegon. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 164-171. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.77.

Susilawati, N., & Sunarto, A. (2020). Implementasi teknologi informasi berbasis web di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 3(2), 257-266. https://doi.org/10.31539/costing.v3i2.956.

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading digital: Turning technology into business transformation. Harvard Business Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Sutarmin, S. (2023). Peran Peran Akademisi dalam Peningkatan Kualitas SDM melalui Penggunaan Platform Teknologi Digital. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i1.4161
Abstract views: 183 | PDF downloads: 200