Workshop Google Mail, Google Drive, and Google Meet at HIMPAUDI Grobogan Regency

Penulis

  • Henoch Juli Christanto Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Julius Victor Manuel Bata Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Denny Jean Cross Sihombing Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Christine Dewi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4222

Kata Kunci:

revolusi industry 4.0; google mail; google drive; goole meet

Abstrak

Munculnya revolusi industry 4.0 menuntut proses dalam mengolah, memproses, dan memindah data dan informasi dilakukan dengan capat dan efisien. Demikian juga dalam pendidikan, pendidik dituntut untuk memahami dan menggunakan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Namun dalam kenyataannya di Indonesia tidak semua pendidik tanggap teknologi. Akibatnya pemrosesan data dan informasi menjadi lambat dan sering menjadi masalah yang serius bila berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang membutuhkan system terpusat. Pelatihan dasar teknologi seperti penggunaan Google Mail, Google Drive, dan Google Meet sangat dibutuhkan. Dengan adanya pelatihan ini dihasilkan bahwa para pendidik dapat menggunakan teknologi untuk birokrasi yang ada dan semakin tanggap akan teknologi sehingga kegiatann pendidik yang ada terkhususnya dalam HIMPAUDI dapat semakin produktif.

Referensi

Andayani, E. (2021). Efektivitas berbagai macam fitur google sebagai media pembelajaran program studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(2), 218-225. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6163

Arifin, M., & Nahar, A. (2017). Pengembangan sistem administrasi sekolah berbasis teknologi informasi di MTS. Darul Ulum dan MTS. Miftahul Huda di Kabupaten Jepara. Journal of Dedicators Community, 1(1), 47-56. https://doi.org/10.34001/jdc.v1i1.437

Christanto, H. J. (2022). Game theory analysis on marketing strategy determination of KAI Access and Traveloka based on usability of HCI (Human-Computer Interaction). Journal of Information Systems and Informatics, 4(3), 665-672. https://doi.org/10.51519/journalisi.v4i3.300

Christanto, H. J., Sutresno, S. A., Denny, A., & Dewi, C. (2023). Usability analysis of human computer interaction in google classroom and microsoft teams. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(16), 6425-6425.

Dewi, C., & Christanto, H. J. (2022). Combination of deep cross-stage partial network and spatial pyramid pooling for automatic hand detection. Big Data and Cognitive Computing, 6(3), 85. https://doi.org/10.3390/bdcc6030085

Edelman, B. (2015). Does google leverage market power through tying and bundling? Journal of Competition Law & Economics, 11(2), 365-400. https://doi.org//10.1093/joclec/nhv016

Hazizah, Z., & Rigianti, h. a. (2021). kesenjangan digital di kalangan guru SD dengan rentang usia 20-58 tahun di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i01.284

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mukhtar, H. (2021). Kompetensi guru dan sarana teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada masa Covid-19. Jurnal Idarah: Pendidikan dan Kependidikan, 5(1), 87-101. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i1.1445

Ruseno, N., Supriatiningsih, Wati, L. N., & Suhana. (2022). Pemanfaatan G Suite for education untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar SMA Muhammadiyah Jakarta Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(3), 6-12. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i3.272

Rusman. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sari, I. P., Syafii, R., Lbs, D. F., Setyadi, A., & Nasution, P. (2022). Pemanfaatan fasilitas google dalam perkuliahan di fakultas teknologi informasi. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(2), 107-113. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i2.70

Siregar, A. H. (2023). The use of video confrences in microteaching practices by primary school teacher education students. Jurnal Cakrawala, 9(1), 87-97. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3818

Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara tahun 2022. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.129

Sutria Ningsih, E. K. (2020). Problematika guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan implikasinya di sekolah dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 518-524.

Syamsuar Syamsuar, R. R. (2018). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(6). https://doi.org//10.24036/et.v2i2.101343

Trilaksono, A. R. (2018). Efektifitas penggunaan google drive sebagai media penyimpanan di kalangan mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 91-97. https://doi.org/10.32502/digital.v1i1

Wanti, A., AR, K., & Prajana, A. (2019). Analisis tingkat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi pada SMK Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 106-114.

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi sarana prasarana berbasis IT sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 240-255.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Christanto, H. J., Julius Victor Manuel Bata, Sihombing, D. J. C., & Christine Dewi. (2023). Workshop Google Mail, Google Drive, and Google Meet at HIMPAUDI Grobogan Regency. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4222
Abstract views: 422 | PDF downloads: 127