Workshop Google Mail, Google Drive, and Google Meet at HIMPAUDI Grobogan Regency
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4222Kata Kunci:
revolusi industry 4.0; google mail; google drive; goole meetAbstrak
Munculnya revolusi industry 4.0 menuntut proses dalam mengolah, memproses, dan memindah data dan informasi dilakukan dengan capat dan efisien. Demikian juga dalam pendidikan, pendidik dituntut untuk memahami dan menggunakan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Namun dalam kenyataannya di Indonesia tidak semua pendidik tanggap teknologi. Akibatnya pemrosesan data dan informasi menjadi lambat dan sering menjadi masalah yang serius bila berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang membutuhkan system terpusat. Pelatihan dasar teknologi seperti penggunaan Google Mail, Google Drive, dan Google Meet sangat dibutuhkan. Dengan adanya pelatihan ini dihasilkan bahwa para pendidik dapat menggunakan teknologi untuk birokrasi yang ada dan semakin tanggap akan teknologi sehingga kegiatann pendidik yang ada terkhususnya dalam HIMPAUDI dapat semakin produktif.
Referensi
Andayani, E. (2021). Efektivitas berbagai macam fitur google sebagai media pembelajaran program studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(2), 218-225. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6163
Arifin, M., & Nahar, A. (2017). Pengembangan sistem administrasi sekolah berbasis teknologi informasi di MTS. Darul Ulum dan MTS. Miftahul Huda di Kabupaten Jepara. Journal of Dedicators Community, 1(1), 47-56. https://doi.org/10.34001/jdc.v1i1.437
Christanto, H. J. (2022). Game theory analysis on marketing strategy determination of KAI Access and Traveloka based on usability of HCI (Human-Computer Interaction). Journal of Information Systems and Informatics, 4(3), 665-672. https://doi.org/10.51519/journalisi.v4i3.300
Christanto, H. J., Sutresno, S. A., Denny, A., & Dewi, C. (2023). Usability analysis of human computer interaction in google classroom and microsoft teams. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(16), 6425-6425.
Dewi, C., & Christanto, H. J. (2022). Combination of deep cross-stage partial network and spatial pyramid pooling for automatic hand detection. Big Data and Cognitive Computing, 6(3), 85. https://doi.org/10.3390/bdcc6030085
Edelman, B. (2015). Does google leverage market power through tying and bundling? Journal of Competition Law & Economics, 11(2), 365-400. https://doi.org//10.1093/joclec/nhv016
Hazizah, Z., & Rigianti, h. a. (2021). kesenjangan digital di kalangan guru SD dengan rentang usia 20-58 tahun di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i01.284
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mukhtar, H. (2021). Kompetensi guru dan sarana teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada masa Covid-19. Jurnal Idarah: Pendidikan dan Kependidikan, 5(1), 87-101. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i1.1445
Ruseno, N., Supriatiningsih, Wati, L. N., & Suhana. (2022). Pemanfaatan G Suite for education untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar SMA Muhammadiyah Jakarta Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(3), 6-12. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i3.272
Rusman. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sari, I. P., Syafii, R., Lbs, D. F., Setyadi, A., & Nasution, P. (2022). Pemanfaatan fasilitas google dalam perkuliahan di fakultas teknologi informasi. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(2), 107-113. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i2.70
Siregar, A. H. (2023). The use of video confrences in microteaching practices by primary school teacher education students. Jurnal Cakrawala, 9(1), 87-97. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3818
Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara tahun 2022. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.129
Sutria Ningsih, E. K. (2020). Problematika guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan implikasinya di sekolah dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 518-524.
Syamsuar Syamsuar, R. R. (2018). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(6). https://doi.org//10.24036/et.v2i2.101343
Trilaksono, A. R. (2018). Efektifitas penggunaan google drive sebagai media penyimpanan di kalangan mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 91-97. https://doi.org/10.32502/digital.v1i1
Wanti, A., AR, K., & Prajana, A. (2019). Analisis tingkat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi pada SMK Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 106-114.
Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi sarana prasarana berbasis IT sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 240-255.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Henoch Juli Christanto, Julius Victor Manuel Bata, Denny Jean Cross Sihombing, Christine Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.