Pemberdayaan UMKM Masyarakat Melalui Digital Marketing Di Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v8i1.4693Kata Kunci:
Digital Marketing, Pemberdayaan Masyarakat, usaha kecil mikro menengah, Sosialisasi, Pengabdian Masyarakat, Pemerintah Daerah; Pengembangan UMKM; Pertumbuhan Perekonomian Daerah, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pengabdian Mayarakat, Pandemi COVID-19Abstrak
Eksistensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan ekonomi masyarakat pada saat ini banyak dikembangkan. Karena UMKM sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi perekonomian masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perkembangan zaman, kemudian menyebabkan teknologi semakin berkembang pesat. Sehingga kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek termasuk dapat meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Agar perekonomian masyarakat tetap stabil maka perlu adanya pemberdayaan UMKM masyarakat, salah satunya dengan mengadakan sosialisai UMKM melalui digital marketing. Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi UMKM menggunakan digital marketing di Desa Jajar merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi digital. Tujuan dari kegiatan sosialisasi UMKM di Desa yaitu untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pemasaran produk UMKM dalam meningkatkan usahanya dengan media internet yang sesuai dengan perkembangan di era digital ini. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat yaitu dengan metode Participatory, Action, Research (PAR) meliputi kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, pelatihan, pendampingan, sosialisasi dan praktik kerja. Adapun output dari sosialisasi UMKM dengan digital marketing di Desa Jajar adalah masyarakat dapat meningkatkan produktifitas usahanya dengan memperbaiki cara pemasaran yang lebih efektif menggunakan media sosial yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dan dapat memasarkan bisnisnya di pasar yang lebih luas.
Referensi
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Alifuddin, M., & Razak, M. (2015). Kewiraushaan Teori dan Aplikasi: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. In MagnaScript Publishing.
Angela, N. (2018). Sosiologi: Sosialisasi. Lms-Paralel.Esaunggul.Ac.Id, 2003, 16. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/60378/mod_resource/content/1/MODUL+ON+LINE+2.pdf
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
Fahrurrozi, M., & Pahrudin. (2016). Kewirausahaan (Vol. 6, Issue August).
Firman Mansir, H. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.
Munif, A., W, A. E., Setiawan, Mujib, A., & R, M. U. (2022). Pedoman Kuliah Kerja Nyata (Membangun Desa Berkelanjutan Berbasis Penguatan Moderadi Beragama Dan Potensi Lokal). Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kediri.
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, Utami, A. D., Sari, R. M., Risenasari, H., Siwang, R. S., Khotimah, H., Rosiana, N., Rachman, A., & Hasibuan, M. (2015). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/81341/2/Pemasaran Konsep dan Aplikasi.pdf
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Sofyan, M. H. P., Maula, K. I., Aliyah, N., Damanhuri, R., Pangestuti, R. S., & Khatimah, H. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 236–246. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1341
Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Junal Pemasaran Kompetitif, 3(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nidaul Hasanah Mirfaqo, Komariyah, Agustin Setiawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.