SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL DESA DUKUHDIMORO

Penulis

  • Novia Ayu Sekar Pertiwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Indy Asna Azizah
  • Mega Mustika
  • Nur Abibah
  • Rahmat Maulana Sukma Dewantara
  • Anis Fauziyah

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v8i2.5196

Kata Kunci:

UMKM; sertifikasi; halal

Abstrak

Sertifikat halal pada sebuah produk dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan. Karena masyarakat akan semakin selektif dan produk yang tidak memiliki sertifikat halal akan ditinggalkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa Dukuhdimoro khususnya sektor pangan, mereka belum memiliki sertifikasi produk halal, karena Pelaku usaha di Desa Dukuhdimoro banyak yang belum mendaftarkan usahanya untuk sertifikasi halal, Kurang menyebarluasnya informasi akan keharusan sertifikasi halal ini sehingga ada beberapa pelaku usaha yang tidak tahu akan sertifikasi halal, Pelaku usaha di Desa Dukuhdimoro kurang memahami pentingnya produk dengan setifikasi halal, Pelaku usaha di Desa Dukuhdimoro masih belum mengetahui dengan baik bagaimana cara mendaftarkan sertifikasi halal untuk produknya dan menunda mendaftarkanya, dan Pelaku usaha di Desa Dukuhdimoro masih beranggapan bahwa proses sertifikasi halal itu rumit. Solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut antara lain Membantu membuka membuka pendaftaran untuk pelaku usaha. Melakukan sosialisasi adanya program ini serta memberitahukan pentingnya sertifikasi halal ke semua dusun di Desa Dukuhdimoro Melakukan pendampingan mulai dari pendaftaran sampai sertifikasi terbit. Melakukan pendampingan dan Membuat komunitas secara online via grup untuk seluruh pelaku usaha di Desa Dukuhdimoro.  Sehingga apabila ada kendala atau merasa kesulitan dalam langkah-langkah sertifikasi halal dapat kami bantu kapan saja. Dan pendaftaran sertifikais halal menjadi lebih mudah

Referensi

Adhari, I. Z. (2021). Korelasi Sertifikasi Halal Pada Kerberkahan Bisnis. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=AmVYEAAAQBAJ

Afandi, A. (2013). Articipatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Kasanah, N., & Sajjad, M. H. A. (2022). Potensi, Regulasi, dan Problematika Sertifikasi Halal Gratis. Journal of Economics, Law, and Humanities, 1(2), 28-41.

Latifah, E., & Abdullah, R. (2022). Peran sertifikat halal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. JIDE: Journal Of International Development Economics, 1(02), 126-144.

Nadya, A. Q., ridho Hafidz, A., Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan sertifikasi halal UMKM desa pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.

Pramanik, P. D., dkk, 2021. Media belajar inovatif bagi siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan konsep service learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan. 1(1). 56-56.

Susilawaty, A., Ahmad, D., Babcock, T., Babcock, T., & Janzen, R. (2016). Panduan riset berbasis komunitas (community based research) (Issue 35).

Sutanto, I., Effendy, D., & Franciska, N. (2020). Metode service learning sebagai model pembelajaran sejarah studi kasus: proses pembelajaran desain interior untuk komunitas roodebrug soerabaia. paper knowledge . Toward a Media History of Documents. http://eprints.uny.ac.id/67103/1/Metode Service Learning sebagai Model Pembelajaran Sejarah -Imelda S dkk.pdf.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi halal dan implikasinya bagi bisnis produk halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98-112.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Novia Ayu Sekar Pertiwi, Indy Asna Azizah, Mega Mustika, Nur Abibah, Rahmat Maulana Sukma Dewantara, & Anis Fauziyah. (2024). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL DESA DUKUHDIMORO. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 166–174. https://doi.org/10.25170/mitra.v8i2.5196
Abstract views: 26 | PDF downloads: 43