Penguatan Karakter Kepedulian Sesama untuk Mencegah Perilaku Perundungan di SD

Penulis

  • Ivan Stevanus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yohanna Claudia Dhian Ariani Harbelubun Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Clara Ika Sari Budhayanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v8i2.6079

Kata Kunci:

Kepedulian, Perilaku perundungan

Abstrak

Pendidikan berperan membentuk karakter pada setiap peserta didik sebagai bekal dalam bersosial dan berinteraksi dengan lingkungannya. Pendidikan karakter dianggap paling berpengaruh dalam kemajuan suatu negara karena melalui manusia yang berkarakter akan menghasilkan sumber daya manusia yang mengenal jati dirinya, membentuk sifat yang baik, menunjang kreativitas, kepedulian dan membangun sifat kepemimpinan. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia. Salah satu indikator dalam pembentukan karakter adalah karakter kepedulian. Karakter kepedulian adalah sikap yang memiliki perhatian terhadap orang lain dan lingkungan, serta membantu orang lain yang terkena musibah atau kemalangan; disamping itu sikap kepedulian juga membimbing siswa agar mampu memahami orang lain dengan cara mengendalikan ucapan, sikap, dan tingkah laku agar tidak menyinggung perasaan orang lain serta menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan karakter kepedulian dalam mencegah perilaku perundungan terhadap orang lain pada siswa SD Strada Nawar kelas IV&V SD berjumlah 205 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan berupa materi luring; tahap pelaksanaan, pelatihan dilaksanakan secara luring selama 1 hari; tahap ketiga, evaluasi pelaksanaan pelatihan dan pelaporan. Luaran yang ditargetkan adalah artikel jurnal yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi.   Materi pelatihan dapat diakses oleh siswa SD

Referensi

Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Anderson, T. (2016). Theories for learning with emerging technologies (pp. 35-64). Canada: Athabasca University Press

Aswat, H & Onde, M, K, L, O & Ayda, B. (2022). Eksistensi peranan penguatan pendidikan karakter terhadap bentuk perilaku bullying di lingkungan sekolah dasar. Jurnal Basicedu Vol 6 No 5

Awwaliansyah, I & Shunhaji, A. (2022). Pencegahan perundungan di sekolah melalui character building dalam pendekatan Al-Qur’an. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Volume 3 No. 02

Aisyah. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532

Dewi, putu Y. A. (2020). Perilaku school bullying pada siswa sekolah dasar. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48

Dewi, P. F. S. . (2023). Pelatihan empati untuk menurunkan perilaku bullying pada pelaku bullying siswa SMP. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss1.art5

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak perundungan di sekolah dasar dan upaya

mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206

Purnaningtias, F., Aika, N., Al farisi, M. S., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.51

Rachma, A, W. (2022). Upaya pencegahan bullying di lingkup sekolah. jurnal hukum dan pembangunan ekonomi, Volume 10, Nomor 2

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Khairunnisa, S. A., Azhar, M. N., Nur, A., Qomariyah, A., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengaruh nilai pendidikan karakter pada k13 dalam mengatasi perilaku bullying siswa. 5(1), 13–20. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Rujiani. (2018). Pendidikan karakter untuk meminimalisir bullying verbal pada generasi milenial. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), 33–42

Sudrajad, R, A & Purnomo, A & Eskasasnanda, I, D, P. (2021). Meningkatkan kepedulian sosial anak melalui pendampingan komunitas kepemudaan “Dulur Never End.” Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 18, No. 2, Desember 2021

Zakiyah, E, Z & Humaedi, S & Santoso, M, B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian dan PPM Vol 4 No 2 hal 129-389

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Stevanus, I., Harbelubun, Y. C. D. A., & Budhayanti, C. I. S. (2024). Penguatan Karakter Kepedulian Sesama untuk Mencegah Perilaku Perundungan di SD. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 252–260. https://doi.org/10.25170/mitra.v8i2.6079
Abstract views: 28 | PDF downloads: 19