Pemikiran Christian Felber Tentang Ekonomi Kesejahteraan Publik

Authors

  • Reza A.A Wattimena

DOI:

https://doi.org/10.25170/respons.v18i02.752

Keywords:

Paradoks hukum dan kebebasan, tujuan ekonomi baru, economization of society, tujuan pertumbuhan ekonomi.

Abstract

Setelah krisis ekonomi tahun 2008, banyak ahli menyadari, bahwa dunia membutuhkan sistem baru ekonomi global. Model sebelumnya, yang masih dimanfaatkan oleh banyak negara, adalah sistem ekonomi kapitalis, yang mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya dan yang masih memainkan peran besar sebagai satu-satunya tujuan ekonomi. Felber berpendapat, bahwa sistem ini cacat dan menyebabkan banyak krisis, yang membuat banyak orang menderita. Menurut dia, dunia membutuhkan paradigma baru ekonomi, yang dapat menciptakan stabilitas dan kesejahteraan bagi semua orang. Dia lalu menteorikan system kesejahteraan ekonomi. Saya akan mencoba untuk menyajikan gagasannya tentang kesejahteraan ekonomi dan juga mencoba untuk menunjukkan, bagaimana paradigma ini dapat diimplementasikan dalam konteks Indonesia. Saya juga akan memberikan beberapa pertimbangan penting, yang kiranya bermanfaat demi perkembangan teori ini.

References

Edenhofer, Ottmar, et.al, (eds) Climate Change, Justice and Sustainability, Linking Climate and Development Policy, Springer, London, 2012.
Felber, Christian, Die Gemeinwohl-Ökonomie, Eine demokratische Alternative wächst, Deuticke im Paul Zsolnay Verlag, Wina, 2012.
Giroux, Henry, On Critical Pedagogy, Continuum, London, 2011.
Hardiman, Budi, F., Dalam Moncong Oligarki, Skandal Demokrasi di Indonesia, Kanisius, Yogyakarta, 2013
Margalit, Avishai, On Compromise and Rotten Compromises, Princeton University Press, New Jersey, 2010
Radermacher, Franz-Josef, et.al (eds), Ökosoziale Marktwirtschaft , Historie, Programm und Perspektive eines zukunft sfähigen globalen Wirtschaft ssytems, Oekom, München, 2011.
Sakar, Saral, Die Krisen des Kapitalismus: Eine andere Studie der politischen Ökonomie, Okosozialismus, 2009.
Zizek, Slavoj dan Fiennes, Sophie, Th e Pervert’s Guide to Ideology, Film Dokumenter, 2012.

Published

2019-08-09

How to Cite

Wattimena, R. A. (2019). Pemikiran Christian Felber Tentang Ekonomi Kesejahteraan Publik. Respons: Jurnal Etika Sosial, 18(02), 213–255. https://doi.org/10.25170/respons.v18i02.752
Abstract views: 49