Pelatihan Hidroponik untuk Penghijauan Kembali di Sekolah Menengah Atas Athalia

Authors

  • Listya Utami Karmawan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Widya Agustinah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yuliana Nita S. Kokali Sekolah Menengah Atas Athalia, Tangerang Selatan
  • Andrea Kurniawan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Cheryl Livia Thio Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Felicia Felicia Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5013

Keywords:

go green, hidroponik, kemandirian berkelanjutan, pascapandemi, taman sekolah

Abstract

Taman pembelajaran merupakan sarana rekreasi yang dapat menjadi wadah pembelajaran, khususnya mata pelajaran Biologi. Pelatihan hidroponik dilakukan kepada guru-guru Sekolah Athalia. Sekolah Athalia sudah memiliki perangkat hidroponik yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa/i untuk pembelajaran. Namun, selama masa pandemi COVID-19 fasilitas ini tidak digunakan secara maksimal karena mayoritas pembelajaran dilakukan secara daring dan tidak ada guru yang memiliki pengetahuan teknik hidroponik yang cukup untuk ditugaskan menjadi penanggung jawab. Perangkat hidroponik yang dimiliki Sekolah Athalia memiliki sistem DFT dengan dua ratus lubang dan diberikan dua buah perangkat wick yang dapat dimanfaatkan kembali. Pelatihan dilaksanakan secara luring yang meliputi teori dan praktik teknik hidroponik yang diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan fasilitas hidroponik yang telah ada. Hasil dimonitor selama empat minggu di grup whatsapp dan juga dilakukan pengamatan pertumbuhan tanaman selama dua bulan setelah pelatihan mulai dari tinggi daun tanaman dalam cm, jumlah daun dihitung dalam helai, dan bobot tanaman dalam gram. Data tumbuhan diolah menggunakan IBM SPSS. Evaluasi dilakukan dalam bentuk microsoft forms. Terdapat hasil pertumbuhan yang signifikan terhadap tinggi dan jumlah daun pada setiap baki. Ada juga bobot penambahan tanaman, tetapi tidak sesignifikan tinggi tanaman. Dari evaluasi, peserta merasa cukup puas dan memahami pelatihan meskipun tempat, waktu, serta minat peserta mendapat nilai yang tidak begitu tinggi.

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 130 | : 113