ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN PADA MASA PANDEMI COVID19
STUDI KASUS: RAID DIVE CENTER INDONESIA
Keywords:
Bisnis Internasional, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Diving, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi selama satu tahun ini berhasil membuat banyak bisnis mengalami kesulitan, salah satunya adalah RAID Dive Center Indonesia. Hal ini akan memberikan dampak pada loyalitas konsumennya karena konsumen tidak bisa menikmati produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan, bahkan perusahaan juga akan terancam bangkrut karena kurangnya pendapatan dari konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian apa saja yang dilakukan, mengapa, dan bagaimana loyalitas konsumen RAID Dive Center Indonesia di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus eksplanatoris. Data primer didapat dari wawancara dengan konsumen, instruktur RAID, ahli di bidang diving, dan teknisi alat selam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa RAID Dive Center Indonesia melakukan penyesuaian di beberapa bidang, yaitu layanan, harga, standarisasi, dan prosedur keselamatan. Kemudian konsumen melewati semua indikator loyalitas, dimulai dari tahapan loyalitas, siklus pembelian, karakteristik, dan faktor loyalitas. Terakhir konsumen tetap loyal karena RAID memiliki standart profesionalitas yang tinggi sehingga layanan yang diberikan RAID kepada konsumen selalu membuat konsumen puas. Selain itu, dengan fleksibilitas pelayanan RAID, interaksi yang dilakukan instruktur atau pelayan RAID yang sangat kekeluargaan, dan kemampuan adaptasi RAID terhadap perkembangan teknologi dan situasi kondisi saat ini (pandemi Covid-19), membuat suasana yang diciptakan pada saat berkegiatan, baik kelas maupun dilapangan, aman dan nyaman bagi konsumen sehingga konsumen senang dan mempertahankan loyalitasnya terhadap RAID Dive Center Indonesia.
References
Aygün, Y. dan Tüfekçi, Ş. (2020). Leisure and SCUBA Diving Safety Tips During and After Covid-19. Research Journal, 1 - 8.
Bhayangkari, W. (2012). Penerapan Standardisasi dan Adaptasi Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Produk Pada Pemasaran Internasional. Mankeu, Vol.1 No. 13, 245 - 258.
Damayanti, I.; Ariwibowo, P. dan Paryono. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Naga Swalayan Ciracas Jakarta Timur. Judicious Journal of Management. Vol. 1 No. 2, 64 – 70.
Diah, F. (2020). Industri Wisata Selam Mati Suri, Ada Dukungan Serupa Ojolkah dari Pemerintah?. Detik Travel. (16 April 2020). https://travel.detik.com/travel-news/d-4980113/industri-wisata-selam- mati-suri-ada-dukungan-serupa-ojolkah-dari-pemerintah di akses pada 05 Maret 2021.
DPR-RI. (2009). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta: DPRRI.
Dwina, I. (2020). Melemahnya Ekonomi Indonesia di Sektor Pariwisata, Akibat dari Dampak Covid-19. Jurnal Penelitian , 1 - 5.
Febrianty, N.; Parinduri, L.; Sirait, S.; Leuwol, N. V.; Julyanthry dan Sudarso, A. (2020). Pengantar Bisnis: Etika, Hukum, dan Bisnis Internasional. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Yogyakarta: Qiara Media.
Fundrika, A. (2020). Gegara Wabah Corona Covid-19, Gramedia Tutup Sejumlah Toko, ini Daftarnya. Suara.com. (25 Maret 2020). https://www.suara.com/lifestyle/2020/03/25/183000/gegara-wabah- corona-covid-19-gramedia-tutup-sejumlah-toko-ini-daftarnya. Di akses pada 05 Maret 2021.
Gentari, R. E. dan Sunaryo, D. (2019). Bisnis dan Transaksi Internasional. Pasuruan: Qiara Media.
Ghony, D.; Wahyuni, S. dan Almansyur, F. (2020). Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Bandung: Refika.
Griffin, R. W. dan Pustay, M. W. (2007). International Business: a Managerial Perspective (Fifth ed.). New Jersey: PEARSON Prentice Hall.
Halls, M.; dan Krestovnikoff, M. (2006). Scuba Diving. New York: DK Publishing.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid- 19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika. Vol. 10 No. 1, 89 – 98.
Keegan, W. J. dan Green, M. C. (2017). Global Marketing (Ninth ed.). Edinburgh: PEARSON Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edinburgh: PEARSON Education Limited.
Kotler, P.; Haider, D. H. dan Rein, I. (1993). Marketing Place: Attracting Investment, Industry, and Tourism to Cities, States, and Nation. New York: The Free Press.
Latiep, I. F.; Pono, M. dan Jusni. (2020). Effect Covid-19: Loyalty of Prospective Umrah Pilgrims to Umrah and Hajj Travel Companies. Hasanuddin Journal of Business Strategy. Vol. 2 No. 3, 31 – 37.
Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novita, A. dan Ardiwijaya, R. (2020). Pemanfaatan Situs Karang Kapal sebagai Obyek Wisata Minat Khusus. Jurnal Arkeologi. Vol. 25 No. 1, 31 - 46.
Nurhalimah; Darmawan, R. N. dan Kanom. (2020). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Pulau Santen Banyuwangi Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif. Vol. 6 No. 2, 361 - 369.
Normasari, S.; Kumadji, S. dan Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan, dan Loyalitas Pelanggan, Survei pada Tamu Pelanggan yang menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2, 1 – 9.
Ritzer, G. (2004). The Globalization of Nothing. California: Pine Forge Press.
Saleh, M. Y. dan Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran . Makassar: CV Sah Media.
Salawangi, M. C.; Andaki, J. A. dan Rarung, L. K. (2014). Promosi Wisata Bahari, Studi Kasus Nusantara Diving Center Resort Kelurahan Molas Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Akulturasi. Vol. 2 No. 3, 131 – 138.
Sinaga, E. C.; Restu, I. W. dan Ekawaty, R. (2020). Kajian Kualitas Air, Potensi Karang, dan Ikan Karang untuk Pengembangan Wisata Selam di Desa Bondalem, Buleleng, Bali. Current Trends in Aquatic Science. Vol. 3 No. 1, 39 - 46
Su.giyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Supardi, E. (2019). Ekspor Impor : Teori dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor untuk Praktisi Logistik dan Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.
Widodo, H. P. dan Ardianto. (2020). Pemanfaatan Media Sosial oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Malang. Jurnal Spektrum Komunikasi. Vol. 8 No. 1, 94 – 103.
Wisuda, A. 2020. Hancurnya Wisata Selam Indonesia di Tengah Wabah Corona. https://www.mongabay.co.id/2020/05/12/hancurnya-industri-wisata-selam-indonesia- di-tengah-wabah-corona/ (di akses pada 20 Februari 2021).
Yin, R.K. (2005). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.