PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SNEAKERS NEW BALANCE PADA GENERASI Z

Authors

  • Andrew Sean Arelian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Antonius Widi Hardianto Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Social media marketing, preferensi merek, keputusan pembelian

Abstract

Industri fashion merupakan bidang usaha yang terus berkembang secara cepat dari waktu ke waktu dan memicu perkembangan ekonomi di Indonesia. New Balance merupakan perusahaan multinasional dalam industri fashion yang dikenal karena kualitas dan desainnya yang inovatif, menawarkan berbagai produk sepatu olahraga yang cocok untuk gaya berpakaian sehari-hari maupun gaya aktif. Penelitian dilakukan pada kalangan Generasi Z yang lahir antara tahun 1996-2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel social media marketing dan preferensi merek terhadap variabel keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksplanatif. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan preferensi merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 119–125. https://www.academia.edu/download/61851322/Jurnal_Ekbis_Desember_2019_Ok.pdf#page=64

Damayanti, S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Preferensi Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks TangCity Mall Kota Tangerang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, 4. http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7930.g3953

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian (1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group. https://www.researchgate.net/profile/Assoc-Prof-Msi/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/links/5e72e011299bf1571848ba20/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif-Kuantitatif.pdf

Herdiansyah, & Yuliniar. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, E-WOM, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepatu Sneaker New Balance. Jurnal Ekonomika, 7(1), 75–80. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1

Herutomo, A. (2010). Conquering Web 2.0. PT Elex Media Komputindo.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (3rd ed.). PT Salemba Empat.

Mayaulfa. (2024). Performa Sepatu New Balance 530 dalam Gaya Skena Kalcer. Hubstler. https://hubstler.com/performa-sepatu-new-balance-530-skena-kalcer-dan-coffeeshop/

Nofiani, P. W., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya Perilaku Organisasi dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77. https://doi.org/10.46369/logistik.v11i2.1563

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, 18(4). http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2846

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Saebah, N., & Asikin, M. Z. (2022). Efektivitas Pengembangan Digital Bisnis pada Gen-Z dengan Model Bisnis Canvas. Jurnal Syntax Transformation, 3(11), 1535–1539. https://doi.org/10.46799/jst.v3i11.649

Sudi, D. M., Purwadi, A., & Firmansyah, A. (2024). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas, Nilai, dan Preferensi Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Bromen. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 8(1), 442–449. https://doi.org/10.35870/emt.v8i1.2163

Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). https://books.google.co.id/books?id=T6RjEAAAQBAJ&dq=penelitian+eksplanatif&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1). http://dx.doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268

Yasri, Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price perception and price appearance on repurchase intention of Gen Y: do brand experience and brand preference mediate? Jurnal Heliyon, 6. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05532

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan (Vol. 1). Kencana.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 58 | PDF downloads: 50