PENGARUH PERSEPSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN KOMPETENSI KARYAWAN OUTSOURCING TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN KONTRAK BANK INTERNASIONAL XYZ DI JAKARTA

Penulis

  • Christina Tri Setyaningtyas Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yohanes Temaluru Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

Persepsi pemanfaatan Artificial intelligence, kompetensi Outsourcing, Motivasi

Abstrak

Saat ini manusia sedang memasuki era teknologi digital yang menguasai hampir dalam banyak bidang kehidupan, terutama dalam dunia industri dan bisnis perbankan. Salah satunya adalah teknologi artificial intelligence yang mampu melakukan berbagai pekerjaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi pemanfaatan teknologi artificial intelligence dan kompetensi karyawan outsourcing terhadap motivasi karyawan kontrak. Teori yang digunakan adalah teori motivasi, teknologi artificial intelligence, dan kompetensi karyawan outsourcing. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi untuk menguji tiga hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, untuk hipotesis pertama dan kedua nilai  β nya sama yaitu 0,940. Namun ketika uji bersama untuk hipotesis ketiga, nilai β untuk artificial intelligence lebih besar dari kompetensi outsourcing dengan masing-masing nilai β-nya 0,742 dan 0,312. Kesimpulan yang dapat disampaikan adalah bahwa artificial intelligence dan kompetensi outsourcing berpengaruh terhadap motivasi karyawan outsourcing bank XYZ.

Referensi

Balliezter, T and Elheski, A. (2018). The Future Work : A Literature review. University of Leeds.
Barrat, J. (2013). Artificial Intelligence and the End of the Human Era. New York: Thomas Dunne.
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi." Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya". Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dwiningsih, R. (2017). Pemaanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas muhamadiah Surakarta.
Hariandja, Marihot T.E. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
Liu, Qingxiong and Ma, Liping. (2004). Journal of Organizational and End User Computing; Jan-Mar 2004; 16, 1; ABI/INFORM Global
POJK Nomor 38/POJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan teknologi Informasi Oleh Bank Umum 50 Undang Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
Santoso, Budi (2012). Hukum Ketenaga Kerjaan Perjanjian Kerja Bersama. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Simamora, D. H. (2018). Analisis Pembagian Kerja dan Wewenang Karyawan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada PT Nusantara Sakti. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suroso, M. P. (2014). Analisis Hubungan Stress Kerja Dengan Kinerja Karyawan Divisi Marketing Funding PT.Bank X Cabang Bandung. Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan Bandung
Yasar, I., Hakim, A., & Kurnia, F. (2012). Outsourcing tidak akan pernah bisa dihapus. Jakarta: Pelita Fikir.

Diterbitkan

2020-05-29

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 643 | PDF downloads: 1287