ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI TRANSJAKARTA

Penulis

  • Bertilla Vanessa Kusuma Prabantari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

Kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, TransJakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi umum TransJakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang merupakan salah satu bagian dari pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Sampel yang diambil adalah penumpang bus TransJakarta berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, kemudian diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa 40 butir pernyataan kepada responden dinyatakan valid dan reliabel. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang sangat kuat antar variabel yaitu sebesar 0,811. Pengujian hipotesis yang dilakukan dapat memperkuat penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Referensi

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ayu Wahyuningsih & Endah Wartiningsih. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pengruh Kepuasan Konsumenn Pengguna Trasnportasi Umum TransJakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram Vol. 15 No. 1.
Dessler, G. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: Indeks.
Elfian & Prasetio Ariwibowo. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bis TransJakarta Di Terminal Kampung Melayu. Universitas PGRI, Jakarta. Fenny BNL. Tobing; Debora Mastauli Purba Purba; Carolina F. Sembiring. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bus T Ransjakarta (Studi Kasus Tamini Garuda Di Koridor Ix). Jurnal Ilmiah Buletin Ekonomi ISSN: 1410-3842 Volume 18 No.2.
Hasibuan, M. S. (2002). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Husain Umar, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003).
Mardalis. 2009. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Mondy, W. R. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kasiram, Mohammad. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Rambat Lupiyoadi & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat, 2009), hal. 182.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. 2006. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES Indonesia.
Stokes, J. 2003. How to Do Media and Cultural Studies. London: Sage Publications.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service Quality & Satisfaction Edisi ketiga.

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 3324 | PDF downloads: 4132