ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KYOU HOBBY SHOP
Kata Kunci:
kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, kepuasan konsumen, e-commerceAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang, salah satu yang terkena dampak perkembangan tersebut adalah pola belanja konsumen yang awalnya berbelanja secara langsung sekarang berubah menjadi online. Produk yang cukup banyak diminati dalam berbelanja secara online diantaranya produk mainan berupa figure anime atau karakter lainnya. Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen di Kyou Hobby Shop sebagai salah satu e-commerce penjual produk mainan figure anime terbesar di Indonesia yang juga berkerja sama dengan perusahaan asing asal Jepang yaitu Good Smile Company. Penelitian ini menggunakan regresi liniear berganda yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form. Data yang terkumpul sebanyak 95 responden yang sudah memenuhi kriteria responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara statistik dan signifikan terbukti berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Kyou Hobby Shop, sedangkan kualitas produk dan harga terbukti secara statistik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kyou Hobby Shop.
Referensi
Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management. United Kingdom: Pearson Education Limited.
CNN Indonesia. (2020, Februari 4). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. Retrieved from CNN Indonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020
Daryanto, & Ismanto, S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Ekasari, R., Agustya, D., Yucha, N., Arif, D., Darno, Retnowati, D., . . . Lestari, L. P. (2019). Effect of Price, Product Quality, and Service Quality on Customer Satisfaction on Online Product Purchases. Journal of Physics: Conference Series, 1-6.
Grifin, R., & Pustay, M. (2015). International Business A Managerial Perspective. England: Pearson Education Limited.
Kemp, S., & Moey, S. (2019, September 18). Digital 2019 Spotlight: e-commerce In Indonesia. Retrieved from Datareportal.com: https://datareportal.com/reports/digital-2019-ecommerce-in-indonesia
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, 17th Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15e Global edition. England: Pearson Education Limited.
Purnamasari, I. Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Volume 5 Nomor 1, 1-12.
Putra, J. I., & Damayanti Octavia, S. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Berbelanja Online Di Provinsi Pulau Jawa. Jurnal Manajemen Indonesia, 103-111.
Questibrilia, B. (2019, Oktober 28). 7 Tren E-Commerce 2020. Retrieved from Jojonomic.com: https://www.jojonomic.com/blog/tren-e-commerce-2020/
Smith, T. (2020, Maret 21). Disruptive Technology. Retrieved from Investopedia.com: https://www.investopedia.com/terms/d/disruptive-technology.asp#:~:text=Disruptive%20technology%20is%20an%20innovation,%2C%20i
ndustries%2C%20or%20businesses%20operate.&text=Recent%20disruptive%20technology%20examples%20include,sharing%20apps%2C%20and%20GPS
Statista Research Departement. (2020). eCommerce Indonesia. Retrieved from Statista.com: https://www.statista.com/outlook/243/120/ecommerce/indonesia#market-revenue
Statista Research Departement. (2020, Juni 8). Internet usage in Indonesia - statistics & facts. Retrieved from Statista.com: https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/
Statista Research Departement. (2020, Juni 8). Number of e-commerce users in Indonesia from 2017 to 2024. Retrieved from Statista.com: https://www.statista.com/forecasts/251635/e-commerce-users-in-indonesia
Sulasih, & Oktiana, R. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk Halal Online Pada Pondok Pesantren Di Purwokerto. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, 1-74.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi : 3. yogyakarta: Penerbit Andi.
Turban, E., Outland, J., King, D., Lae, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. (2018). Electronic Commerce A Managerial and Social Network Perspective (Vol. 9). Springer International Publishing.
Wibowo, E. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi e-Commerce Dalam Proses Bisnis. Jurnal Equilibiria Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam Vol.1 No.1, 95-108.
Yusra, Y. (2019, Juli 18). Pemanfaatan Chatbot untuk Kemudahan Bisnis Online. Retrieved from Dailysocial.id: https://dailysocial.id/post/chatbot-kemudahan-bisnis-online