ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PREMI -ASURANSI JIWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERUSAHAAN ASURANSI ALLIANZ

Penulis

  • William Juniko Salim Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Rosdiana Sijabat Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

rand Image, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Asuransi

Abstrak

Penelitian ini membahas pengaruh brand image, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian premi asuransi jiwa milik perusahaan asuransi Allianz. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Forms. Data yang terkumpul sebanyak 104 orang responden. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan membaca, mempelajari, dan memahami beberapa sumber literatur yaitu buku, jurnal, dan artikel. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa brand image, kualitas pelayanan, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

BUKU:
Aritonang, L. R. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Banten: Universitas Terbuka.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research And Consulting.
Haryono, S. (2012). Metodologi Penelitian Manajemen Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principle of Marketing, Global Edition. United Kingdom: Pearson; 17th Edition.
Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: UNPAD PRESS.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. United Kingdom: Wiley.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
JURNAL:
Adiputra, Y. R., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi (Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Cibinong). Diponegoro Journal of Management, 1-10.
Bairizki, A. (2017, Juli). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake & Cookies). Jurnal Valis, 71-86.
Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 335-369.
Guntara, D. (2016). Asuransi dan Ketentuan - Ketentuan Hukum Yang Mengaturnya. Jurnal Justisi Ilmu Hukum ISSN 2528-2638 Vol 1, 29-46.
Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 227-242.
Kencana, M. B. (2021, Agustus). Kasus AJB Bumiputera Dinilai Bisa Lebih Gawat dari Jiwasraya dan Asabri. Retrieved from https://www.merdeka.com/: https://www.merdeka.com/uang/kasus-ajb-bumiputera-dinilai-bisa-lebih-gawat-dari-jiwasraya-dan-asabri.html
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Business Administration, 232-243.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Business Administration, 232-243.
Marisa, O., & Rowena, J. (2019, Maret). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up And Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 161-170.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Padda JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 265-289.
Supriyadi, Fristin, Y., & Indra, G. (2016). Pengaruh Kualitas Prouk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3, 135-144.
WEBSITE:
Allianz. (2021). Laporan Tahunan 2015. Retrieved from allianz.co.id: https://www.allianz.co.id/content/dam/onemarketing/azli/wwwallianzcoid/layanan/informasi-nasabah/download/laporan-kinerja-dana-investasi-allianz/allianz-ar-2015_web.pdf
Allianz Indonesia. (2020, September 16). Retrieved from Pendapatan Asuransi Jiwa di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi: https://www.allianz.co.id/tentang-kami/berita/ruang-berita/pendapatan-asuransi-jiwa-di-indonesia-pulih-cepat-di-masa-pandemi/141959
Allianz Indonesia. (2021, April 15). Retrieved from Kenali Istilah-Istilah Asuransi Jiwa Ini agar Berasuransi Lebih Menyenangkan: https://www.allianz.co.id/explore/detail/kenali-istilah-istilah-asuransi-jiwa-ini-agar-berasuransi-lebih-menyenangkan/87094
covid19.go.id. (2021, Maret 19). Retrieved from Peta Sebaran: https://covid19.go.id/peta-sebaran
Lidyana, V. (2020, Oktober 7). https://finance.detik.com/. Retrieved from Survei Jobstreet: 43% Pekerja Kena Potong Gaji Saat PSBB: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5203409/survei-jobstreet-43-pekerja-kena-potong-gaji-saat-psbb
Pane, D. M. (2021, Maret 12). alodokter.com. Retrieved from Virus Corona: https://www.alodokter.com/virus-corona

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 366 | PDF downloads: 411