PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN KARTU KREDIT CIMB NIAGA
Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Persepsi Resiko, Keputusan PenggunaanAbstrak
Persaingan dalam industri keuangan yang dirasakan perusahaan perbankan tidak hanya antar bank akan tetapi dengan produk keuangan digital yang semakin bervariasi. Melihat persaingan tersebut bisnis perbankan harus mengambil langkah dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk memilih kartu kredit. Penggunaan metode strategi pemasaran yang tepat merupakan landasan bagi perusahaan perbankan saat ini, dengan demikian para pemasar wajib dalam mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih kartu kredit. Persepi resiko terhadap penggunaan kartu kredit juga dapat mempengaruhi dalam keputusan yang dilakukan konsumen terhadap minatnya dalam menggunakan kartu kredit CIMB Niaga. Data yang terkumpul sebanyak 100 responden dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form, data sekunder dilakukan dengan membaca dari beberapa literatur. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga, persepsi promosi, dan persepsi resiko berpengaruh resiko dan signifikan terhadap keputusan penggunaan, sedangkan pada persepsi produk dan persepsi tempat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan.
Referensi
CIMB Niaga. (2021). Retrieved from: https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/kartu-kredit diakses 28 Febuari 2021.
Griffin , R. W., & Pustay , M. W. (2015). International Business: A Managerial Perspective. USA: 11th Edition, Pearson Education.
Kotler, P., & Amstrong , G. (2018). Principles of Marketing 17th edition. USA: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . USA: Global Edition 15, Pearson Education.
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Retrieved from: https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---November-2020.aspx diakses 25 Febuari 2021.
Rahayu, F., Irmawati, & Hermuningsih, S. (2011). Perkembangan Kartu Kredit Indonesia. Jurnal Manajemen Vol 1.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman, L. G., & Wisenbilt, J. L. (2019). Consumer Behavior. USA: 11th edition, Pearson Education.
Sherly, Halim, F., Butabutar, M., SN, A., Purba, S. B., Ferinia , R., . . . Purba , E. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Sisbintari, E. (2011). Analisis Kompararif CAR, LDR, ROA dan ROE Sebelum dan Sesudah Merger Pada PT. BANK CIMB Niaga Tbk. Jurnal Profit Volume 6 No. 2, 163-171.