ANALISIS PENGARUH HUBUNGAN PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FASILITAS PAYLATER
(STUDI PADA MAHASISWA ATMA JAYA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER
Kata Kunci:
Persepsi Kemudahan, Promosi, Keputusan Menggunakan, PaylaterAbstrak
Perkembangan teknologi yang terjadi telah mendorong pergeseran bisnis keuangan dan bisnis pinjaman dari cash menjadi cashless (Shopee Pay), dan dari credit menjadi online credit (Shopee Paylater). Shopee Paylater merupakan contoh perusahaan yang saat ini telah mendominasi pasar fintech pada bidang paylater di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada evaluasi variabel persepsi kemudahan dan promosi terhadap variabel keputusan menggunakan fitur Shopee Paylater. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif Unika Atma Jaya yang menggunakan Shopee Paylater dengan besaran sampel 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, untuk melihat pengaruh antarvariabel baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi kemudahan dan promosi terhadap variabel keputusan menggunakan Shopee Paylater baik secara parsial maupun simultan.
Referensi
Baron, Robert A. dan Byrne, Dona. 2008. Psikologi Sosial: Jilid 1 Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Cavusgil, S. T., Knight, G., Riesenberger, J., dan Yaprak, A.. 2008. Conducting Market Research for International Business. New York: Business Expert Press.
Dapp, Thomas F. 2014. Fintech – The Digital (r)evolution in the Financial Sector. German: Deutsche Bank.
Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. 13(3), 319-340.
Departemen Perlindungan Konsumen. 2017. Kajian Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan: Perlindungan Konsumen Pada Fintech, Cetakan I. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
DSResearch. 2019. Laporan DSResearch: Fintech Report 2019. https://dailysocial.id/post/fintech-report-2019.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, Jogiyanto. 2019. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 11. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hadi, Syamsul. 2012. Indonesia, ASEAN, and the Rise of China: Indonesia in the Midst of East Asia's Dynamics in the Post-Global Crisis World. International Journal of China Studies. 3(2), 151-166.
Kartawinata, B.R., Wardhana, Aditya, dan Syahputra. 2014. Bisnis Internasional. Bandung: PT. Karya Manunggal Lithomas
Kompas. 2021. Masih Ragu Paylater Bisa Bikin Hidup Makin Praktis? Simak 5 Fakta Berikut. https://biz.kompas.com/read/2021/12/31/223345428/masih-ragu-paylater-bisa-bikin-hidup-makin-praktis-simak-5-fakta-berikut.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L.. 2016. Marketing Management, Fifteenth Edition. Brithish Library Cataloguing-in-Publication Data.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Muddana, Varshita. 2018. Scarcity Marketing and FOMO tactics. https://www.softscripts.net/blog/2018/11/scarcity-marketing-and-fomo-tactics/.
Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UI.
Nindyatmoko, Aryogito. 2021. Prakondisi yang Tepat Untuk Mengajukan Kartu Kredit.
https://mikaylabinar.com/prakondisi-yang-tepat-untuk-mengajukan-kartu-kredit/.
Nugroho, Yudistra dan Samudera, Ilham. 2018. All Eyes on E-money: The Race to Reach 180M Unbanked Indonesians. Think With Google.
OJK. 2022. FAQ Fintech Lending. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/direktori/fintech/Documents/FAQ%20Fintech%20Lending.pdf.
Oxford Dictionaries. 2022. Cashless.
https://en.oxforddictionaries.com/definition/cashless.
Oxford Dictionaries. 2022. Society.
https://en.oxforddictionaries.com/definition/society.
Peemanee, J. dan Wongsahai, E.. 2021. Technology Acceptance and Service Convenience on Repeat Purchase Decision of Food Delivery Business in Thailand, Seri Konferensi IOP. Jurnal Ilmu Bumi dan Lingkungan. 756(1).
Prodjodikoro, R. Wirjono. 2000. Azas-Azas Hukum Perjanjian. Bandung : Mandar Maju.
Sanusi, Anwar. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, Rahmatika. 2020. Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. 7(1), 44-57.
Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business: A Skill Building Aproach, 4th Edition. New York-USA: John Wiley and Sons, Inc
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Shopee. 2022. Apa itu SPayLater?.
https://help.shopee.co.id/portal/article/71956-[SPayLater]-Apa-itu-SPayLater%3F?previousPage=other+articles.
Shopee. 2022. Apa Syarat & Ketentuan Pembayaran dengan SPayLater? . https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-[SPayLater]-Apa-Syarat-&-Ketentuan-Pembayaran-dengan-SPayLater%3F?previousPage=other+articles.
Shopee. 2022. Bagaimana cara mengaktifkan SPayLater?. https://help.shopee.co.id/portal/category/21-Pembayaran/434-SPayLater%2FSPinjam%2FDana-Cepat?page=1.
Shopee. 2022. Tentang.
https://careers.shopee.co.id/about.
Simon, Herbert A. 1993. Decision Making: Rational, Nonrational and Irrational. Educational Administration Quarterly Journal. 29(3), 392-411
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.
Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Data Ekonomi dengan Menggunakan SPSS. Jakarta: PT. Indeks.
Uno, Hamzah B. dan Lamatenggo, Nina. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksar