GLOKALISASI DALAM PRAKTIK: STUDI KASUS ADAPTASI MCDONALD'S DAN BURGER KING DI PASAR FAST FOOD INDONESIA

Penulis

  • Silvano Kevin Oktavian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Vincentius Rachmadi Parmono Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

Bisnis Internasional, Glokalisasi, Adaptasi lokal, Hibriditas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi glokalisasi dengan bentuk adaptasi lokal yang dilakukan oleh perusahaan fastfood McDonald’s dan Burger King. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi pada proses-proses adaptasi lokal perusahaan McDonald’s dan Burger King di Indonesia. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis tematik yang disusun dengan teori hibriditas (HK Bhaba ,1994) dalam (Lukitasari, 2020). Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa McDonald’s dan Burger King menerapkan strategi Glokalisasi bentuk adaptasi lokal dengan berbagai macam cara dan aspek.

Referensi

Aisha, S., Muhamad, A., Dan, R., & Jhoansyah, D. (2020). Marketing glocalization concept dalam menarik minat beli kalangan bridgehead. 2(7).

Alfansyur, A. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik info artikel abstrak. 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Alimansyah, N., Krisnawati, D., & Utomo, F. C. (2022). Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pelanggan burger king jatiasih. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v10i1.671

Anggito & Setiawan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV.Jejak.

Arthawati, & Mevlanillah. (2023). Pengembangan masyarakat melalui penerapan pengelolaan kampung kb untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa bale kencana kecamatan mancak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10). http://www.bps.go.id

Berchtold, P. & S. (2010). Global integration versus local adaptation: a case study of Austrian MNCs in Eastern Europe. European Journal of International Management, 4(5).

Featherstone, L. R. (1995). Global Modernities. Sage Publications.

Ghoshal & Bartlett. (1990). The multinational corporation as an interorganizational network. Journals.Aom.Org.

Glorydei, L., Gijoh, G., Kermite, J. A., & Rotinsulu, J. C. (n.d.). Implementasi hukum dalam kontrak bisnis internasional 1. In Lex Et Societatis: Vol. IX (Issue 1).

Kusherdyana. (2020). Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. pustaka.ut.ac.id

Lee, J., Kim, J., Kim, J., & Choi, S. (2021). Why localization is necessary as a business strategy in emerging markets: The case comparison of hyundai and volkswagen. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(3). https://doi.org/10.3390/joitmc7030190

Lukitasari. (2020). Postcolonial theories on promoting world english in efl speaking classes. Elite: English and Literature Journal.

Maulana Firdaus, R., Yohana Pottu, O., Meilany Panduwal, C., Fransiska Panjaitan, V., & Paskalina, O. (2023). Pengaruh globalisasi terhadap hibriditas budaya korea pada masyarakat lokal thailand. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA.

Nilamsari. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. In Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19). www.researchgate.net

Umrati & Wijaya. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah tinggi theologia jaffray.

Yoga Utomo, A., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di smk the development of tutorial video on ignition system learning. 6(1). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi

Diterbitkan

2024-06-10

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 21 | PDF downloads: 11