PENGARUH SALES PROMOTION, LIFESTYLE, DAN WINDOW DISPLAY PRODUK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING (STUDI PADA PELANGGAN H&M OFFLINE STORE DI JABODETABEK)

Studi Pada Pelanggan H&M Offline Store di JABODETABEK

Penulis

  • Regina Brigita Simanjuntak Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Pristiana Widyastuti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

Sales Promotion, Lifestyle, Window Display, Impulsive Buying

Abstrak

H&M merupakan perusahaan multinasional yang bergerak pada industri fashion. Dengan semakin berkembangnya industri fashion, H&M perlu memilih strategi untuk meningkatkan perilaku impulsive buying. Oleh karena itu, H&M menerapkan sales promotion, lifestyle dan window display. Adapun, jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan objek penelitiannya adalah pelanggan H&M yang pernah membeli produk H&M di area JABODETABEK beserta telah berumur 15 tahun atau lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel sales promotion, lifestyle dan window display terhadap perilaku impulsive buying pelanggan. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisa deskriptif, dengan melakukan uji statistik menggunakan alat SPSS untuk menguji normalitas, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil analisis dari sales promotion dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying sementara window display, tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying.

Referensi

Arif, M. (2021). Pengaruh social media marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan lifestyle terhadap keputusan pembelian online. Seminar teknolgi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1 (1).

Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing,Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1 (1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chan, G. F., Akhmad, I., & Hinggo, H. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2.

Dermawan, D., & Gatheru, J. (2021). Understanding Impulsive Buying Behavior in Marketplace.

Farid, D., & Ali, M. (2018). Effects of personality on impulsive buying behavior: Evidence from a developing country.

Febriani, F., & Cahya, S. (2022). Pengaruh E-service quality dan Sales promotion terhadap keputusan menggunakan fitur Shopee-Food (Studi pada mahasiswa aktif FEB UNESA). Pendidikan Tata Niaga, 10.

Gijoh, L. G., Kermite, J. A., & Rotinsulu, J. C. (2021). Implementasi Hukum Dalam Kontrak Bisnis Internasional. Lex Et Societatis, 9.

Heri, H., Sudarmo, S., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Martin Store Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journsl (MSEJ), 3 (4).

Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018). Pengaruh Fashion Involvement dan Shoppinglifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2 (2).

Kristianto, D., & Dewi, A. (2023). The Influence of Product Prices, Sales Promotion and Services on the Purchase Decision of Indihome Products at PT. Telkom Solo. Pro Bisnis: Jurnal Manajemen, 14 (2).

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Kuantitatif dan Kualitatif (Disertai Contoh Praktis) (Edisi 2): Rachmat Kriyantono. Prenadamedia Group.

Lashin, M. M., Khan, M. I., Khedher, N. B., & Eldin, S. M. (2022). Optimization of Display Window Design for Female' Clothes for Fashion Stores through Artificial Intelligence and Fuzzy System. Applied Sciences, 12 (22).

Parietti, M. (2022). H&M vs. Zara vs. Uniqlo: What's The Difference.

Priangga, F., Suardy, W., & Noor, T. D. (2022). Tinjauan Atas Peranan Sales Promotion Pada PT. Ruang Abadi Properti Indo. Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2, 75-82.

Purwanto, N. (2018). Dinamika Fashion Oriented Impulse Buying. Batu: Literasi Nusantara.

Puspitasari, A. D., & Mulyani, A. S. (2022). Perkembangan Bisnis Franchise. Jurnal Ilmu Sosial.

Putri, A. R., & Achyar, A. (2018). Analisis Pengaruh Visual Merchandising Pada Perilaku Impulse Buying: Studi Merek H&M. 43-57.

Subandi, A. (2017). Tanggung Jawab Perusahaan Multinasional Dalam Kegiatan Keruangangkasaaan Menurut Hukum Internasional dan Hukum Ruang Angkasa. Bina Mulia Hukum.

Sugeng, B. (2020). Fundamental metodologi penelitian kuantitatif (eksplanatif). Malang: Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Ummah, N. M., & Rahayu, S. A. (2020). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Penelitian Psikologi.

Widasati, A. (2021). Pengaruh Peletakan Komposisi Warna Monochrome pada Bidang Window Display Terhadap Ketertarikan Pengunjung. Journal of Applied Science, 3.

Yang, J., Lim, T., & Ju, S. (2022). Transparent and Flexible Photo‐Driven Smart Window Display Displayed by Near‐Infrared Laser. Advanced Materials Interfaces, 9.

Diterbitkan

2024-06-10

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 7 | PDF downloads: 2