PANDANGAN MAHASISWA INTERNASIONAL TERHADAP KUALITAS PRODUK KOPIKO COFFEE CANDY

Penulis

  • Gabriella Firstyawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Eko Widodo Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kata Kunci:

Persepsi Konsumen, Kualitas Produk, Kopiko

Abstrak

Kopiko merupakan produk kembang gula asal rasa kopi asal Indonesia yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk dan telah tersebar ke 80 negara termasuk Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa dan mahasiswi internasional terhadap kualitas produk permen Kopiko. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan mahasiswa/i salah satu universitas di Jerman, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permen Kopiko memiliki kualitas yang baik mulai dari rasa hingga ukuran bentuk permennya sehingga mampu memenuhi ekspektasi konsumen. Permen Kopiko juga dapat memberikan efek dan manfaat positif yang berbeda pada setiap konsumen. Namun, kemasan permen Kopiko dianggap tidak ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar plastik.

Referensi

Aditya, I. W. S., & Jatra, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Pengalaman Belanja Online, dan Akses Infomrasi Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Pembelian Online Sepatu Sepak Bola Merek Specs di Kota Denpasar). 8(4), 2524–2554.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.3807

Hanyani, T., & Fadillah, A. (2013). Pengaruh Kualitas dan Diferensiasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 237–246. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.272

Huriartanto, A., Hamid, D., & Shanti, P. (2015). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Survei Pada Konsumen Terminal Tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 28(1), 158–166.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Iqlima, C. R., & Saraswati, T. G. (2022). Pengaruh Product Placement Permen Kopiko Dalam Serial Drama Korea Vincenzo Terhadap Minat Beli Konsumen Influence Of Kopiko Candy Product Placement In Vincenzo Korean Drama Series On Consumers Purchase Intention. 9(4), 2286–2298.

Kotler, P., & Kevin, K. (2022). Marketing Management. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Maulidyah, Y. F., Muchsin, S., & Abidin, A. Z. (2019). Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Pandawangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 13(4), 61–67.

Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis Pengaruh Brand Awareness , Brand Image Dan Product Placement Terhadap Minat Beli Konsumen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo. 580–588.

Musofa, N., & Janattaka, N. (2019). Pemanfaatan Media Powtoon Pada Materi Komik Di Sekolah Dasar. Inventa, 3(2), 147–157. https://doi.org/10.36456/inventa.3.2.a2013

Nindyawati, V., & iriani, Setyo, S. (2014). Vony Nindyawati dan Sri Setyo Iriani. Jurnal Ilmu Manajemen I, 2, 1593–1605. www.lensaindonesia.com,

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 320.

http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/a rticle/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Aw ww.iosrjournals.org

Oktarini, D., Finthariasari, M., Nita, T., Nuari, V., & Marta, F. R. (2022). Strategi desain produk dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada toko mebel sederhana. 1(April), 135–146.

Reven, D., & Ferdinand, T. A. (2017). ANALISIS PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF, DAN CITRA MEREK TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/management

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.)).

Struppek, J., Walther, C., Bunte, K., Zyriax, B. C., Wenzel, J. P., Senftinger, J., Nikorowitsch, J., Heydecke, G., Seedorf, U., Beikler, T., Borof, K., Mayer, C., & Aarabi, G. (2022). The association between coffee consumption and periodontitis: a cross-sectional study of a northern German population. Clinical Oral Investigations, 26(3), 2421–2427. https://doi.org/10.1007/s00784-021-04208-9

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Subakti, A. G., Tenironama, D., & Yuniarso, A. (2018). Analisis Persepsi Konsumen (Studi Kasus Molecular Mixology di Loewy, Jakarta). 8(1), 31–38.

Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DIKABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77

Yurita, A., Makmur, & Afrizal, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. 1–10.

Diterbitkan

2024-06-10

Terbitan

Bagian

Research Articles
Abstract views: 11 | PDF downloads: 2