LAPO MASIHOL SAMOSIR (THE REAL SAMOSIR CUISINE)

Penulis

  • Gustine Taruli Sari Unika Atma Jaya

Kata Kunci:

lapo, khas Samosir, back to village

Abstrak

Lapo adalah kedai dalam budaya orang Batak. Semua makanan yang disediakan
adalah masakan khas orang Batak. Sekarang ini makanan tradisional khas dari
kampung Samosir sulit ditemukan. Hal inilah yang membuat penulis memilih
untuk berbisnis rumah makan batak, terutama masakan Batak Toba. Lapo
Masihol Samosir menawarkan konsep “back to village” dengan harapan agar
konsumen dapat merasakan suasana seperti saat mereka berada di kampung
Samosir. Keunggulan kompetitif dari Lapo Masihol Samosir adalah berupaya
memberikan konsistensi terhadap kualitas dan kuantitas akan penyajian masakan
khas makanan Samosir terhadap konsumen dalam hal penyajian makanannya, cara
memasaknya dan kelestarian dari bumbu-bumbu tradisional yang digunakan.
Selain itu Lapo Masihol Samosir akan menggunakan ulos khas kampung Samosir
Batak dan lukisan alam khas yaitu kampung wisata Tuk Tuk untuk mendesain
ruangannya.

Referensi

Sumber Buku:
Kotler, Phillip (2013). Manajemen
Pemasaran, Jilid 1. PT. Indeks, Jakarta.
Sumber Internet
http://pabersinaga.wordpress.com/2008/
07/02/lapo/
http://megapolitan.kompas.com/read/20
13/02/03/09135265/Melacak.Jejak.Bata
k.di.Jakarta
http://bekasikota.bps.go.id/index.php?o
ption=com_content&view=article&id=1
52&Itemid=117
http://bogorkota.bps.go.id/index.php/pe
ndapatan-regionalpdrb/54-produk-
domestik-bruto-pdrb-kota-bogor-
menurut-lapangan-usaha-atas-dasar-
harga-berlaku
http://bekasikota.bps.go.id/index.php?o
ption=com_content&view=article&id=1
15&Itemid=127

Diterbitkan

2019-07-22

Terbitan

Bagian

Business Plan
Abstract views: 63 | PDF downloads: 600