PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT WIRAUSAHA MAHASISWA

Penulis

  • William Ekachandra Universitas Tarumanagara
  • Ida Puspitowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.25170/jm.v19i2.4204

Kata Kunci:

Sikap Kewirausahaan, Norma Subjektif, Pengetahuan Kewirausahaan, Niat Wirausaha

Abstrak

Indonesia merupakan negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan pertama di Asia Tenggara di tahun 2022. Namun, rasio jumlah wirausaha di Indonesia berbanding terbalik dengan jumlah penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sikap kewirausahaan, norma subjektif, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap niat wirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional dan purposive sampling. Adapun 112 responden mahasiswa S1 Manajemen Universitas Tarumanagara yang sudah mendapatkan pendidikan kewirausahaan menjawab instrumen pada kuesioner survei penelitian ini. Data diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 dengan analisis data, seperti uji validitas dan reliabilitas; koefisien determinasi; ukuran efek; dan pengujian hipotesis bootstrap. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap kewirausahaan dan norma subjektif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, sedangkan pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa yang akan mendatang dengan mengembangkan dan menerapkan variabel penelitian, seperti pengetahuan kewirausahaan sejak dini, juga ruang lingkup sampel dapat diperluas untuk memperoleh informasi yang lebih beragam.

Referensi

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. In Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. United States of America: ELSEVIER.

Ajzen, I. (2005). Laws of human behavior : Symmetry,compatibility, and attitude behavior correspondence. Germany: Shaker Verlag.

Alin, L. D., & Dil, E. (2022). Determinants of Somali Student's Entrepreneurial Intentions: The Case Study of University Students in Mogadishu. Eskişehir Osmangazi Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 23(1), 130-142.

Arpizal, A., & Dwijayanti, N. S. (2021). Pengaruh Sikap Berwirausaha dan Dukungan Sosial terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 43-55.

Bartle, N., & Harvey, K. (2017). Explaining infant feeding: The role of previous personal and vicarious experience on attitudes, subjective norms, self-efficacy, and breastfeeding outcomes. British journal of health psychology, 22(4), 763-785.

Bell, R., Bell, H., McCracken, M., & Matlay, H. . (2016). An enterprise opportunity for entrepreneurial students: Student enterprise development and experience assessed through the student voice. Education Training, 58.

Biswas, A., & Verma, R. K. (2021). Attitude and alertness in personality traits: A pathway to building entrepreneurial intentions among university students. Journal of Entrepreneurship and Innovation in Emerging Economies, Entrepreneurship Development Institute of India, 30(2), 367-396.

BPS. (2022). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun 2018 - 2022 (Ribu Jiwa). Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Carlucci, D., Nocella, G., De Devitiis, B., Viscecchia, R., Bimbo, F., & Nardone, G. (2015). Consumer purchasing behaviour towards fish and seafood products. Patterns and insights from a sample of international studies, 84, 212-227.

Cho, H., & Lee, J. S. (2015). The influence of self‐ efficacy, subjective norms, and risk perception on behavioral intentions related to the H1N1 flu pandemic: A comparison between Korea and the US. Asian Journal of Social Psychology, 311-324.

Detik. (2022, Agustus 8). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian, Contoh, dan Jenisnya. Retrieved from detikjabar: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6221569/metode-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif-pengertian-contoh-dan-jenisnya

Do, B. R., & Dadvari, A. (2017). The influence of the dark triad on the relationship between entrepreneurial attitude orientation and entrepreneurial intention: A study among students in Taiwan University. Asia Pacific Management Review, 22(4), 185-191.

Etrata, A., & Raborar, J. L. (2022). The Filipino generation Z’s entrepreneurial intention: What drives their business mindedness? International Journal of Research in Business and Social Science, 11(2), 57-66.

Feldman. (1995). Thinking Critically: A Psychoogy Student’s Guide. New York: McGraw-Hill.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squre Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., JR, Anderson, R. E., & T, R. L. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall , Inc.

Handaru, A. W., Parimita, W., & Mufdhalifah, I. W. (2015). MEMBANGUN INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI ADVERSITY. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 155-166.

Handayani, M., Yohana, C., & Saidani, B. (2021). Pengaruh Kreatifitas dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 2(2), 524-540.

Hantoro, S. (2015). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Hidayat, A. (2021, April). Inner Model Partial Least Square dalam PLS SEM. Retrieved from Statistikian: https://www.statistikian.com/2021/04/inner-model-pls-sem-smart-pls.html

Hidayat, R. A., & Bagasworo, W. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Efikasi Diri Terhadap Niat Berwirausaha Studi Pada Lulusan Perguruan Tinggi 2019 Di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 6(3), 132-138.

Hutasuhut S., Thamrin T., & Aditia, R. (2021). Factors affecting students’ entrepreneurial intentions and their differences based on gender, tribe, and parents’ occupation: a cross-sectional study. F1000Research, 10, 438.

kabarbisnis. (2021, Juli 29). Terbilang rendah di Asean, rasio kewirausahaan Indonesia baru 3,47 persen. Retrieved from kabarbisnis.com: https://www.kabarbisnis.com/read/28108137/terbilang-rendah-di-asean-rasio-kewirausahaan-indonesia-baru-3-47-persen

Karyaningsih, R. D., Wibowo, A., Saptono, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurial knowledge influence vocational students’ intention? Lessons from Indonesia. Entrepreneurial Business and Economics Review, 8(4), 138-155.

Khairinal, & Hutabarat. (2021). Kewirausahaan. Jambi: Salim Media Indonesia.

Kompas. (2022, Juli 25). 10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia 2022, Ada Indonesia? Retrieved from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2022/07/25/083336127/10-negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-2022-ada-indonesia?page=all

Liñán, F., Moriano, J.A., & Jaén, I. . (2016). Individualism and entrepreneurship: Does the pattern depend on the social context? International Small Businses Journal, 34(6), 760–776.

Malebana, J. (2014). Entrepreneurial intentions of South African rural university students: A test of the theory of planned behaviour. Journal of Economics and Behavioral Studies, 6(2), 130-143.

Malhotra, N. (2010). Marketing research: an applied orientation. 6th edition. Jakarta: Upper Saddle River, NJ Pearson Education, Inc.

Maryati, L., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2), 1-8.

Maydiantoro, A., Jaya, M. B., Basri, M., Yulianti, D., Sinaga, R. M., & Arif, S. (2021). The Influence of Entrepreneurial Attitudes, Subjective Norms and Self-efficacy on Entrepreneurial Intentions. Journal of Management Information and Decision Sciences, 24(4), 1-12.

Mensah, I. K., Zeng, G., Luo, C., Xiao, Z., & Lu, M. (2021). Exploring the predictors of Chinese college students’ entrepreneurial. SAGE Journals.

Merdeka. (2021, April 17). Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di Bawah Malaysia dan Thailand. Retrieved from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/uang/jumlah-wirausaha-indonesia-jauh-di-bawah-malaysia-dan-thailand.html

Mihartinah, D., & Corynata, I. (2018). Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Akuntansi, 8(2), 77-87.

Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, terhadap Niat Siswa SMK di Kota Denpasar untuk Menjadi Wirausaha. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 1981-2010.

Nguyen, A. T., Do, T. H. H., Vu, T. B. T., Dang, K. A., & Nguyen, H. L. (2019). Factors affecting entrepreneurial intentions among youths in Vietnam. Children and Youth Services Review, 99, 186–193.

Notoatmodjo, & Soekidjo. (2012). Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Wirausaha. Kiat Bisnis, 5, 148-158.

Prastiwi, I. R., Kurjono, & Setiawan, Y. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa UPI. Fineteach : Journal of finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 1(1), 143-152.

Rahayu, W., Mulyadi, H., & Utama, R. (2018). Gambaran Sikap Kewirausahaan dan Niat Berwirausaha pada Mahasiswi Angkatan 2014 di UPI Bandung. Journal of Business Management Education, 3(1), 63-72.

Rana, J., & Paul, J. (2017). Consumer behavior and purchase intention for organic food: A review and research agenda. Journal of Retailing and Consumer Services, 38, 157-165.

Roxas, B. (2014). Effects of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial intentions: a longitudinal study of selected South-east Asian business students. Journal of Education and Work, 27(4), 432-453.

Sancho, L., Paula, M., Martín-Navarro, Alicia, Ramos-Rodríguez, & Rafael, A. (2020). Will they end up doing what they like? the moderating role of the attitude towards entrepreneurship in the formation of entrepreneurial intentions. Studies in Higher Education, 45(2), 416–433.

Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 63-74.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods For Business. United Kingdom: Wiley.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, H. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Ekuilibrium, 8(1), 69-88.

Suprapti, & Sri, N. W. (2010). Perilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.

Suryadi, E., & Samuel, S. (2022). Analisis Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Management. Journal of Accounting & Management Innovation, 6(1), 67-83.

Suryana. (2009). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Mencari Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Turker, D., & Selcuk, S.S. (2009). Which factors affect entrepreneurial intentions of university students? Journal of European Industrial Training, 33(2), 142-159.

Veronika, K., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan E-Commerce dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 2(1), 309-324.

Vilathuvahna, Ahda, A., & Nugroho. (2015). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Agriekonomika, 4(1), 107-119.

Wetzels, M., Odekerken-Schröder, G., & Oppen, C. v. (2009). Using PLS path modeling for assessing hierarchical construct models: Guidelines and Empirical Illustration. MIS Quarterly, 33(1), 177-195.

Yuliyanti, E. (2019). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha secara Syari'ah di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 19(1), 85-104.

Zaenuri, A. (2021, Agustus 26). Tips Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan. Retrieved from Universitas Stekom Web site: http://kewirausahaan-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Tips-Menumbuhkembangkan-Jiwa-Kewirausahaan/1c710b1ca4bc921803cf096a5b2bb48d55947e4d

Diterbitkan

2023-09-18
Abstract views: 187 | PDF downloads: 257