ANALISIS KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI SATUAN KERJA
DOI:
https://doi.org/10.25170/jm.v20i1.4457Kata Kunci:
SAKTI, kualitas informasi, kepuasan penggunaAbstrak
Sistem Akuntansi Tingkat Instansi (SAKTI) produk dari Kementerian Keuangan yang dikembangkan dalam rangka menjawab kebutuhan dari IFMIS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi individu berkaitan dengan kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna dimediasi oleh manfaat bersih pada pengguna aplikasi SAKTI roll out lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Penelitian dilakukan pada 60 responden dengan menggunakan kuisioner dengan menggunaka metode purposive sampling. Analisa data menggunakan alat bantu SEM-smart PLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif pada kepuasan pengguna. Lebih lanjut kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan tidak berpengaruh pada manfaat bersih. Sedangkan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih.
Referensi
Amriani, T. N., & Iskandar, A. (2019). Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) pada Satuan Kerja di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 3(1), 54–74. https://doi.org/10.31685/KEK.V3I1.409
At-tamimi, R. M. R., & Siregar, T. E. (2021). Measurement of Successful Implementation of Institution Level Financial Application System (SAKTI) Web Full Module with DeLone and McLean Information System Success Model Approach. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 10098–10107. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I4.3032
DeLone, William H.; McLean, E. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, 3. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. J. Manag. Inf. Syst., 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2014). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Https://Doi.Org/10.1080/07421222.2003.11045748, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Elvandari, D., & HADIPRAJITNO, P. (2011). Adaptasi model Delone dan Mclean yang dimodifikasi guna menguji keberhasilan implementasi aplikasi operasional BANK bagi individu pengguna: studi empiris. http://eprints.undip.ac.id/29948/
Haura, T. U., Suwondo, S., & Novianty, I. (2021). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone & McLean pada Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah. Indonesian Accounting Research Journal, 1(2), 224–232. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/iarj/article/view/2441
Hermawan, A. P., & Hapsari, A. N. S. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem dan Informasi Dalam Pendidikan Akuntansi. Perspektif Akuntansi, 4(1), 13–33. https://doi.org/10.24246/persi.v4i1.p13-33
Iivari, J. (2005). An empirical test of the DeLone-McLean model of information system success. ACM SIGMIS Database: The DATABASE for Advances in Information Systems, 36(2), 8–27. https://doi.org/10.1145/1066149.1066152
Imam Ghozali, H. L. (2015). Preview: Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Undip. https://onesearch.id/Record/IOS3107.UMS:57482/Preview
James E. Bailey, S. W. P. (1983). Development of a tool for measuring and analyzing computer user satisfaction. Management Sicience, 5, 530–545.
Krisdiantoro, Y., Subekti, I., & Prihatiningtias, Y. W. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Aktual, 5(3), 261–279.
https://doi.org/10.17977/UM004V5I32019P261
Mohammad Irfan, 14919034. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Peplayanan Terhadap Net Benefits Pemakaian Sistem Pembayaran BRIVA Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna (Valdasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone and McLean). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14158
Nasrudin, E. (2017). Determinan Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dan Pengaruhnya terhadap Dampak Individu dan Organisasi (Studi pada Satuan Kerja Kanwil DJPB dan KPPN Se-Indonesia).
Pambudi, K. H. (2018). Analisis Dimensi Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) Pada Satuan Kerja Wilayah Provinsi Jawa Timur Dengan Pendekatan Delone And McLean Information System Success Model. Universitas Brawijaya.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L. L. (1988). SERVQUAL A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64, 12–64. https://www.scirp.org/(S(oyulxb452alnt1aej1nfow45))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1937458
R Pamungkas, A., Edi Nugroho, L., & Sulistyo, S. (2020). Evaluasi Faktor Kegagalan Sistem Informasi Pada Kesiapan Penerapan E-Goverment: Studi Literatur. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(3), 143–152. https://doi.org/10.33387/JIKO.V3I3.2176
Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I1.1704
Seddon, P., & Yip, S. K. (1992). An empirical evaluation of user information satisfaction (UIS) measures for use with general ledger accounting software. Journal of Information Systems, 6, 75–92.
Segars, A. H., & Grover, V. (1993). Re-examining perceived ease of use and usefulness: A confirmatory factor analysis. MIS Quarterly, 517–525.
Syahfitri, K. R., Trisnawati, R., & Ahyani, F. (2022). Dampak Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Net Benefit Pemakaian Website Lazismu Solo Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 17. https://doi.org/10.35906/jurakun.v8i2.1017
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi, Hijroh Rokhayati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access).