ANALISIS KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI SATUAN KERJA

Penulis

  • Lorenzia Ida Ayu Irma Hartiwi Magister Sains Akuntansi Unsoed
  • Hijroh Rokhayati Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.25170/jm.v20i1.4457

Kata Kunci:

SAKTI, kualitas informasi, kepuasan pengguna

Abstrak

Sistem Akuntansi Tingkat Instansi (SAKTI) produk dari Kementerian Keuangan yang dikembangkan dalam rangka menjawab kebutuhan dari IFMIS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi individu berkaitan dengan kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna dimediasi oleh manfaat bersih pada pengguna aplikasi SAKTI roll out lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.  Penelitian dilakukan pada 60 responden dengan menggunakan kuisioner dengan menggunaka metode purposive sampling. Analisa data menggunakan alat bantu SEM-smart PLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif pada kepuasan pengguna. Lebih lanjut kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan tidak berpengaruh pada manfaat bersih. Sedangkan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih.

Referensi

Amriani, T. N., & Iskandar, A. (2019). Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) pada Satuan Kerja di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 3(1), 54–74. https://doi.org/10.31685/KEK.V3I1.409

At-tamimi, R. M. R., & Siregar, T. E. (2021). Measurement of Successful Implementation of Institution Level Financial Application System (SAKTI) Web Full Module with DeLone and McLean Information System Success Model Approach. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 10098–10107. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I4.3032

DeLone, William H.; McLean, E. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, 3. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. J. Manag. Inf. Syst., 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2014). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Https://Doi.Org/10.1080/07421222.2003.11045748, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Elvandari, D., & HADIPRAJITNO, P. (2011). Adaptasi model Delone dan Mclean yang dimodifikasi guna menguji keberhasilan implementasi aplikasi operasional BANK bagi individu pengguna: studi empiris. http://eprints.undip.ac.id/29948/

Haura, T. U., Suwondo, S., & Novianty, I. (2021). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone & McLean pada Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah. Indonesian Accounting Research Journal, 1(2), 224–232. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/iarj/article/view/2441

Hermawan, A. P., & Hapsari, A. N. S. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem dan Informasi Dalam Pendidikan Akuntansi. Perspektif Akuntansi, 4(1), 13–33. https://doi.org/10.24246/persi.v4i1.p13-33

Iivari, J. (2005). An empirical test of the DeLone-McLean model of information system success. ACM SIGMIS Database: The DATABASE for Advances in Information Systems, 36(2), 8–27. https://doi.org/10.1145/1066149.1066152

Imam Ghozali, H. L. (2015). Preview: Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Undip. https://onesearch.id/Record/IOS3107.UMS:57482/Preview

James E. Bailey, S. W. P. (1983). Development of a tool for measuring and analyzing computer user satisfaction. Management Sicience, 5, 530–545.

Krisdiantoro, Y., Subekti, I., & Prihatiningtias, Y. W. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Aktual, 5(3), 261–279.

https://doi.org/10.17977/UM004V5I32019P261

Mohammad Irfan, 14919034. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Peplayanan Terhadap Net Benefits Pemakaian Sistem Pembayaran BRIVA Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna (Valdasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone and McLean). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14158

Nasrudin, E. (2017). Determinan Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dan Pengaruhnya terhadap Dampak Individu dan Organisasi (Studi pada Satuan Kerja Kanwil DJPB dan KPPN Se-Indonesia).

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/67636/Determinan-Kepuasan-Pengguna-Sistem-Aplikasi-Keuangan-Tingkat-Instansi-dan-Pengaruhnya-terhadap-Dampak-Individu-dan-Organisasi-Studi-pada-Satuan-Kerja-Kanwil-DJPB-dan-KPPN-Se-Indonesia

Pambudi, K. H. (2018). Analisis Dimensi Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) Pada Satuan Kerja Wilayah Provinsi Jawa Timur Dengan Pendekatan Delone And McLean Information System Success Model. Universitas Brawijaya.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L. L. (1988). SERVQUAL A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64, 12–64. https://www.scirp.org/(S(oyulxb452alnt1aej1nfow45))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1937458

R Pamungkas, A., Edi Nugroho, L., & Sulistyo, S. (2020). Evaluasi Faktor Kegagalan Sistem Informasi Pada Kesiapan Penerapan E-Goverment: Studi Literatur. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(3), 143–152. https://doi.org/10.33387/JIKO.V3I3.2176

Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I1.1704

Seddon, P., & Yip, S. K. (1992). An empirical evaluation of user information satisfaction (UIS) measures for use with general ledger accounting software. Journal of Information Systems, 6, 75–92.

Segars, A. H., & Grover, V. (1993). Re-examining perceived ease of use and usefulness: A confirmatory factor analysis. MIS Quarterly, 517–525.

Syahfitri, K. R., Trisnawati, R., & Ahyani, F. (2022). Dampak Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Net Benefit Pemakaian Website Lazismu Solo Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 17. https://doi.org/10.35906/jurakun.v8i2.1017

Diterbitkan

2024-01-08
Abstract views: 397 | PDF downloads: 499