ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013
DOI:
https://doi.org/10.25170/jm.v11i2.825Kata Kunci:
Corporate Social Responsibility, profitability, firm valueAbstrak
This research aims to get empirical evidence about Corporate Social Responsibility (CSR) and profitability that influence firm value in simultan and partial. The exposure of CSR is measured based on Sustainability Reporting Guidelines (SRG) that is published by Global Reporting Initiative (GRI). Profitability is measured by Return on Assets (ROA). Firm value is measured by Tobin’s Q ratio. This research takes 64 manufacturing company that is listed at Bursa Efek Indonesia (BEI) 2013 from purposive sampling method. This research use multiple regression analysis. The result indicates that there is a positive influence of CSR and profitability to firm value in simultan and partial
Referensi
Azheri, B.. (2011). Corporate Social Responsibility: dari Voluntary menjadi Mandatory. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Brigham, E.F., & Houston, J.F.. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi kesebelas, Buku 1). (Penerjemah: Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat. (Buku asli diterbitkan 2007).
Dahli, L., & Siregar, V.S.. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
DJ, Alfredo M.. (2011). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (kebijakan dividen sebagai variebel moderating) pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Universitas Udayana, Denpasar.
Ghozali, I.. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hadi, N.. (2011). Corporate Social Responsibility (CSR). Edisi 1. Jakarta: Graha Ilmu.
Harahap, S.S.. (2011). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hartanti, D.. (2006). Makna Corporate Social Responsibility: Sejarah dan Perkembangannya. Economics Business and Accounting Review.
Herawaty, V.. (2008). Peran Prektik Corporate Governance sebagai Moderating Vvariable dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.
Hermuningsih, S.. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Oktober 10, 2013, http://www.bi.go.id/id/publikasi/jurnal-ekonomi/Documents/
Kurniawan, R.. (2013). Analisis pengaruh corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap kualitas laba dan nilai perusahaan. Skripsi S1 tidak dipublikasikan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.
Kusumadilaga, R.. (2010). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Skripsi S1 tidak dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang.
Lako, A.. (2011). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
M., Reny D. R.. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responbility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, Vol. 1 No. 1, 10 Oktober, 2013, http://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/
Priyatno, D.. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Putra, A. M.. (2012). Analisis pengaruh good corporate governance, konservatisme akuntansi, dan corporate social responsibility terhadap kualitas laba dengan environmental performance rating sebagai variabel pemoderasi (Studi empiris pada perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011). Skripsi S1 tidak dipublikasikan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.
Putra, R. A.. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Skripsi S1 tidak dipublikasikan, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.
Saraswati, R., & Hadiprajitno, B.. (2012). Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi & Auditing, Volume 9 No.1, Oktober 10, 2013, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/akuditi/article/view/4363/3982
Subramanyam, K.R., & Wild, J.J.. (2010). Analisis Laporan Keuangan (Edisi kesepuluh, Buku 2). (Penerjemah: Dewi Yanti). Jakarta: Salemba Empat. (Buku Asli diterbitkan 2008).
Suharto, E.. (2010). CSR & Comdev: Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.
Susanti, R.. (2010). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan: Studi kasus pada perusahaan go public yang listed tahun 2005-2008. Skripsi S1 tidak dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang.
Sudarmadji, A. M., & Sularto L.. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan keuangan Tahunan. Jurnal PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil), Volume 2, Universitas Gunadarma, Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access).