Perbaikan Sistem Proses Pencucian Pakaian dengan Pendekatan Simulasi

Studi Kasus: PT. NUGERAH SURYA INDONESIA

Authors

  • Andre Sugioko UNIKA ATMA JAYA JAKARTA
  • Trifenaus Prabu Hidayat
  • Catherina Resmi Hapsari

DOI:

https://doi.org/10.25170/jurnalelektro.v13i2.1838

Keywords:

Simulation, Service, Laundry, Promodel

Abstract

White Express merupakan perusahaan franchise dari Jepang yang bergerak di bidang jasa Laundry dan Dry Clean. White Express Indonesia, didirikan dengan nama PT. Nugerah Surya Indonesia. White Express memiliki permasalahan pada lama waktu proses pencucian disertai dengan tidak pastinya kedatangan order. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi untuk perbaikan yang ada pada sistem dengan simulasi promodel. Penelitian ini hanya dilakukan pada lantai pencucian kemeja/t-shirt dan sprei/bed cover, serta tidak memperhitungkan biaya fasilitas pembersihan dan biaya operasional. Penelitian dilakukan dengan proses pengambilan data selama dua minggu untuk mengamati kondisi yang terjadi selama sistem berlangsung. Hasil dari penelitian ini didapatkann bahwa terdapat waktu menunggu yang cukup lama pada bagian pemilihan pakaian. Hal ini mengakibatkan terjadi nya adanya penumpukan yang terjadi pada lokasi pemilahan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kondisi awal yang terjadi pada saat pengamatan dan simulasi memiliki permasalahan yang sama yaitu adanya waktu menunggu pada proses pemilihan pakaian sehingga terjadi penumpukan pada pakaian kotor. Usulan yang diberikan pada penelitian ini berupa penambahan tenaga kerja pada bagian pemilahan pakaian, dengan usulan ini waktu menunggu pada proses pemilahan dapat berkurang sebesar 6.81 menit.

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] Falen, F. F., & Subagyo. (2018). Simulasi Antrian Pasien Rawat Inap Untuk Mengurangi Waiting List VIP di Rumah Sakit. Jurnal teknosains. Vol 8 (1). pp.1-88
[2] Harrel, C., Ghosh, B. K., & Bowden, R.(2004). Simulation Using ProModel (3rd ed.). California: McGraw-Hill.
[3] Kamilie, S., & Jonny. (2010). Analisis Sistem Antrian Pada Area Final Inspection di Vehicle Logistic Center PT ADM Untuk Optimalisasi Jumlah Server, Waktu Tunggu, dan Total Biaya Pelayanan. INASEA. Vol 11 (1) . pp 26-34
[4]Marfuah, U., & Syarifah, A., (2015). Analisis Sistem Antrian Transportasi Busway Di Halte Pulogadung Dan Dukuh Atas. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 2(1), pp.9-16.
[5] Sentia, P.D., Ilyas., & Haikal, R. (2016). Pendekatan Simulasi Untuk Analisis Antrian Pada Bengkel Servis PT.X. Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol 15 (2) . pp 105-113

Downloads

Published

2021-02-17
Abstract views: 281 | PDF downloads: 338