STUDI HASIL PENGUKURAN PENGARUH PEMBEBANAN MESIN GENSET MWM TCG2020V16 TERHADAP KESTABILAN ENGINE
Keywords:
Aktuator, Throttle, Efisiensi ElektrikalAbstract
ABSTRAK
Definisi untuk elemen pengendali actuator adalah suatu tranducer yang berfungsi menterjemahkan sinyal pengendali. Actuator pada genset berfungsi untuk menggerakkan throttle, dimana throttle ini sebagai pengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Pada saat engine start, throttle berada di posisi terbuka 80% dengan kecepatan putaran engine 100-170 RPM. Ketika engine mulai hidup, putaran engine perlahan naik menuju 1500RPM (set point).Analisa ini diharapkan mendapat hasil yang akurat mengenai efektifitas penggunaan actuator terhadap kinerja throttle berdasarkan speed sensor, tegangan pada aktuator, dan efisiensi elektrik. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan setting beban dari 30%,50%, dan 75% agar dapat mengetahui apakah putaran engine tetap stabil pada 1500 RPM.. Hasil yang didapat yaitu pada Load 30% Pout sebesar 391kW, Efisiensi Elektrikal 20,2%,Putaran Engine 1500RPM, Tegangan actuator 1,80V, dan Volume gas 1930 m3/min. Pada Load 50% didapat hasil Pout 650kW, Efisiensi elektrikal 32,3%, Putaran Engine 1500 RPM, Tegangan actuator 2,1V, dan Volume gas 2010 m3/min. Pada Load 75% didapat hasil Pout 975kW, Efisiensi elektrikal 34,2%, Putaran Engine 1500 RPM, Tegangan actuator 2,4V, dan Volume gas 2843 m3/min. Setelah melakukan pengujian maka didapat hasil yang berbanding lurus antara tegangan actuator dan daya output itulah yang dilakukan engine agar putarannya tetap stabil.
ABSTRACT
The definition for actuator control element is a tranducer that translates the control signal. Actuator on generator function to drive throttle, where this throttle as regulator of amount of fuel coming into combustion chamber. At the engine start, the throttle is in open position 80% with engine speed of 100-170 RPM. When the engine starts to life, the engine speed slowly rises to 1500RPM (set point). This analysis is expected to get accurate results on the effectiveness of actuator usage on throttle performance based on sensor speed, voltage on the actuator and the electrical efficiency. The research is done by setting the load from 30%,50%, and 75% in order to know whether the engine rotation is stable at 1500RPM. The results obtained are 30% load, Pout of 391kW , 20.2% electrical eficiency, engine 1500 RPM, 1.80V actuator voltage and gas volume 1930 m3/min. At load 50% results obatined Pout 650kW and actuator voltage 2.1 V. At load 75% obatained Pout 975kW and actuator voltage 2.4V. After doing the test then got results that are directly proportional between the actuator voltage and output power is what the engine to do the rotation remains stable.
References
[2] PT Primarajuli Sukses. 2013. “Parameter Data Engine TCG2020V16” .Germany.MWM.
[3] MWM., 2013. “Data Engine TCG2020V16”.Germany. MWM.
[4] Tumilaar, Gabriel P. & Fielman Lisi & Marthinus Pakiding . 2015. “Optimalisasi Penggunaan Bahan Bakar Pada Generator Set Dengan Menggunakan Proses Elektrolisis”. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol 4, No 2.
[5] Anonim.2016.”Inilah Prinsip Kerja Generator AC (Arus Bolak-Balik)”.sains jurnal. (http://www.sainsjurnal.com/sains/prinsip-kerja-generator-ac/Diakses 18 Des 2017)
[6] Kurniawan.”Fungsi Throttle Position Sensor (TPS)”. (http://www.rodadua.web.id/throttle-position-sensor/ Diakses 18 Des 2017)
[7] Hardiansyah, Firmansyah,E. & Isnaeni,M.2012.Pengendalian Beban Generator Secara Otomatis Dengan
Algoritma Pid Pada Pltmh Berbasis Plc.Jurnal Teknolog, Volume 5 Nomor 2, Desember 2012, 114-121. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada,
[8] Bandri, S.2013Analisa Pengaruh Perubahan Beban Terhadap Karakteristik Generator Sinkron (Aplikasi PLTG Pauh Limo Padang ). Jurnal Teknik Elektro Volume 2, No. 1, Januari 2013. Padang : Institut Teknologi Padang.
[9] Tumilaar,G.P.,Lsi, F., & Pakiding, M.2015.OptimalisasiPenggunaan Bahan Bakar Pada Generator Set Dengan Menggunakan Proses Elektrolisis.Jurnal Teknik Elektro Volume 4, No. 2, Agustus 2015. Manado : Universitas Sam Ratulangi.