Peran Media Sosial pada Komunikasi Pemasaran Aplikasi Catch Me Up! Melalui Email News Letter

Authors

  • Stefanus Andriano SA

DOI:

https://doi.org/10.25170/interact.v10i1.2329

Keywords:

Komunikasi pemasaran, media sosial, media baru, email newsletter, millennial, generasi Z

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi terkait penggunaan internet. Kemajuan teknologi ini semakin berperan penting dalam dunia komunikasi. Berdasarkan data dari We Are Social (2020), ada sebanyak 160 juta pengguna media sosial per Januari 2020 atau 59% dari total populasi saat ini. Angka tersebut bertambah (12 juta orang) atau 8,1% dari tahun 2019 ke 2020. Entitas bisnis dalam penelitian ini Catch Me Up! menggunakan perkembangan teknologi dalam upaya komunikasi pemasaran produk mereka, salah satunya adalah melalui media sosial. Media sosial dengan jumlah pengguna cukup besar di Indonesia menjadi salah satu platform menarik untuk melakukan komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian untuk meneliti dan mengobservasi penggunaan dan pengelolaan media sosial yang digunakan oleh salah satu layanan email newsletter yang menyasar pembaca dari kamu millennial dan generasi Z yaitu Catch Me Up! Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi literature dan observasi terhadap pengelolaan komunikasi pemasaran yang disupport oleh pemanfaatan media sosial oleh Catch Me Up! Penelitian menunjukkan dengan dukungan dari pemasaran media sosial, Catch Me Up! berhasil menarik perhatian calon pembaca mereka dari kaum millennial dan generasi Z.

Downloads

Published

2021-07-30
Abstract views: 692 | PDF downloads: 769