Indonesian Millennials' Attitude and Intention Towards Mobile Communication Advertising
DOI:
https://doi.org/10.25170/interact.v11i1.3289Keywords:
mobile communication advertising, marketing communication, digital marketing, millennials, gaming, consumer behaviourAbstract
Game berteknologi digital berhubungan erat dengan kehidupan generasi milenial. Penelitian ini berusaha memahami bagaimana faktor spesifik dalam game mempengaruhi sikap gamer seluler terhadap iklan banner dalam game seluler (mobile In-Game Banner Advertising/mobile IGBA), khususnya untuk para milenial. Faktorfaktor ini beserta insentif dapat digunakan sebagai prediktor intensi gamer seluler dalam merespons iklan tertentu. Hubungan antara sikapintensi, seperti misalnya preseden dalam penggunaan iklan berbasis Internet umum, faktor-faktor spesifik game, dan penggunaan kupon seluler merupakan tiga elemen yang digunakan untuk mengembangkan hipotesis. Teknik analisis faktor dan uji statistik diferensial dalam perspektif kuantitatif digunakan sebagai dasar untuk menganalisis seberapa signifikan faktor-faktor yang saling mempengaruhi dalam model penelitian yang diusulkan. Hasil penelitian dengan metode survei menunjukkan bahwa faktor spesifik dalam bermain game (aspek ekonomi dan jenis game) merupakan faktor penting yang mempengaruhi sikap gamer terhadap penerapan mobile IGBA. Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan bahwa sikap dan insentif (dalam bentuk kupon komunikasi seluler) merupakan prediktor signifikan terhadap intensi generasi milenial Indonesia untuk merespon (klik) iklan dalam komunikasi seluler.