PERAN INTERAKSIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA TARKIZ DI SEKOLAH DASAR ALQURAN KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.25170/interact.v8i1.3992Keywords:
Guru, Interaksional, Interpersonal, Kemampuan belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Tarkiz di Sekolah Dasar Alquran Bandung. Konsep penelitian ini mengarah pada teori proses interaksional. Tipe penelitian ini bersifat deskriftif deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat. Penelitian ini dilaksanakan pada orang-orang yang mengalami dan mengetahui secara langsung. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tiga komponen peran interaksional guru dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Tarkiz antara lain adalah, Pertama input menunjukan bahwa guru melakukan metode diskusi. Kedua proses dalam hal ini yaitu guru memberikan metode sesi tanya jawab. Ketiga output pada komponen ini yaitu guru memberikan sebuah materi yang sesuai dengan pengetahuan siswa.