Parent And Child With Autism Interpersonal Communication In Distance Learning

Authors

  • Hafiz Muhamad Hafiz Nugraha Pancasila University
  • Risma Kartika

DOI:

https://doi.org/10.25170/interact.v12i1.4317

Keywords:

Autism Children, Distance Learning, Interpersonal Communication, Parenting

Abstract

Anak autisme memiliki cara yang unik dalam bersosialisasi dengan orang lain, karena umumnya mereka lebih fokus dengan dirinya sendiri. Anak autisme di sebut memiliki keunikan tersendiri dalam berkomunikasi dan juga berinteraksi. Dengan keunikan yang dimilikinya, maka diperlukan proses komunikasi yang sesuai antara orang tua kepada anak autisme, khususnya dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti yang dilakukan melalui aplikasi instant massenger whatsapp. PJJ terjadi dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini ini menggunakan konsep lima efektifitas komunikasi antarpersona, pembelajaran jarak jauh, orang tua, dan anak autisme. Metodologi yang digunakan metode kualitatif dan deskriptif. Data yang didapat menggunakan wawancara. Wawancara dilakukan dengan sepasang orang tua dari anak autism kategori sedang. Hasil dari temuan menjelaskan bahwa penyampaian materi PJJ, dapat dimengerti, karena telah menerapkan lima efektifitas komunikasi antarpersona Devito: keterbukaan, mendukung, empati, positif, dan kesetaraan. Hal ini dikarenakan kesesuaian saluran komunikasi yang disampaikan oleh orang tua kepada anak autisme kategori sedang ketika sedang berkomunikasi. Penelitian ini juga menemukan hambatan ketika proses komunikasi sedang berlangsung. Namun orang tua dapat mengatasinya dengan menerapkan lima efektifitas komunikasi antarpersona. Selain itu anak autisme kategori sedang juga dapat menunjukan interaksi komunikasi kepada orang tuanya, dengan menatap mata langsung/fokus kepada orangtuanya.

Downloads

Published

2023-10-04
Abstract views: 180 | PDF downloads: 159