The Influence of the Narrative of Pop-Up Promo Notification Go-JEK on Brand Attitude

Authors

  • Maria Jezzixa Oktaviane School of Communication, Atma Jaya Catholic University
  • Natalia Widiasari Atma Jaya Catholic University of Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25170/interact.v12i2.4923

Keywords:

Brand attitude, diction, digital marketing communication, narrative, style of language, customer retention, customer engagement

Abstract

Digitalisasi meningkatkan bisnis, dan juga serta merta, menghadirkan kompetisi. Untuk itu, perusahaan dituntut untuk berinovasi dalam hal strategi pemasaran untuk memastikan pendapatan dan mempertahankan konsumen. Gojek berinovasi dengan Notifikasi Pop-Up yang muncul melalui ponsel pintar para pengguna. Notifikasi Pop-Up ini ditujukan untuk berinteraksi dengan konsumen dan memberikan berbagai penawaran. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengidentifikasi pengaruh narasi promosi yang diusung melalui Notifikasi Pop-Up terhadap Brand Attitude dari para pengguna Gojek. Narasi sebagai variabel bebas terdiri dari sub variabel copywriting, pilihan kata, dan gaya bahasa. Sedangkan, Brand Attitude, sebagai variabel terikat, memiliki kognitif, afektif, dan konatif sebagai sub variabelnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, dan perolehan sampel menggunakan teknik purposif. Kuesioner dibagikan kepada pengguna Gojek yang berusia 15 sampai 24 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel narasi promosi pada Notifikasi Pop-Up Gojek berpengaruh secara moderat terhadap variabel Brand Attitude. Dengan demikian, Notifikasi Pop Up pada aplikasi Gojek berpotensi untuk dioptimalisasi untuk tujuan branding maupun customer engagement dalam aplikasi Gojek.

Downloads

Published

2024-02-23
Abstract views: 37 | PDF downloads: 47