EFEKTIVITAS EDUKASI TALASEMIA BERBASIS VIDEO: SUATU SURVEI DAN SKRINING PADA POPULASI AKADEMIS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitramas.v3i1.5882

Keywords:

Video Edukasi, Survei, Pengetahuan, Sikap, Talasemia

Abstract

Talasemia adalah kelainan darah genetik yang belum dapat disembuhkan dan pengobatan kuratif masih mahal, sulit, serta banyak efek samping. Pengobatan suportif yang diberikan menyebabkan beban ekonomi semakin besar karena kasus talasemia semakin meningkat. Pencegahan berupa deteksi dini pembawa sifat talasemia merupakan upaya yang sangat penting untuk dilakukan. Edukasi merupakan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga berminat untuk melakukan deteksi dini. Video adalah salah satu media yang sering digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi. Keberhasilan edukasi dapat diukur melalui survei berupa tes sebelum dan sesudah video edukasi diberikan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi talasemia menggunakan intervensi video terhadap perubahan pengetahuan dan sikap awareness seseorang terhadap talasemia yang diikuti dengan keikutsertaan dalam skrining talasemia. Sebanyak sepuluh soal pre-test dan post-test pengetahuan talasemia dan satu soal awareness talasemia diberikan kepada 96 peserta dari civitas academica Universitas Timika, Politeknik Amamapare, dan Poltekkes Kemenkes Jayapura Kampus Timika dengan intervensi video edukasi berdurasi sekitar enam menit. Hasilnya terjadi peningkatan pengetahuan sebanyak 31% antara pre-test dan post-test (p<0,001) serta 69% perubahan sikap awareness yang ditandai dengan kesediaan mengikuti skrining talasemia. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh positif dari penggunaan video edukasi sebagai intervensi dalam survei pengetahuan dan sikap untuk deteksi dini talasemia.

Author Biographies

Dhea Agatha Andrian, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,

Sheella Rima Bororing, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,

Andrea Aprilia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

References

Aeni, N., & Yuhandini, D.S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video

dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care. 6 (2), 162-74. 10.33366/cr.v6i2.929

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

Berk, R.A. (2009). Multimedia Teaching with Video Clips: TV, Movies, YouTube, and MtvU

in the College Classroom. Internasional Journal of Technology in Teaching and Learning. 5 (1), 1-21.

Clark, R.C., & Mayer, R.E. (2016). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley : Germany.

Eriyani, T., Shalahuddin, I., & Rosidin, U. (2021). Edukasi 3M Dalam Meningkatkan Self Awareness Terhadap Penyebaran Covid-19 Di SMKN 4 Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4 (1), 98-107.

Farmakis, D., Porter, J., Taher, A., Cappellini, M.D., Angastiniotis, M., & Eleftheriou, A.

(2022). Guidelines for the Management of Transfusion Dependent Thalassaemia. Thalassaemia International Federation. 6 (8), 43,56,732. 10.1097/HS9.0000000000000732

Geofahni, D. (2023). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Buku Saku dan Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Thalassemia. Di Skripsi.

Guo, P.J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How Video Production Affects Student Engagement: An Empirical Study of MOOC Videos. Proceedings of the first ACM conference on learning @ scale conference. 41-50. 10.1145/2556325.2566239

Hamizah, L., Susanah, S., & Rakhmilla, L.E. (2017). Clinical Manifestations of Children with Thalassemia Major: Clinical Course One Year Later. Asian Journal of Biological and Medical Sciences. 3 (1), 1-9.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kata.web.id/pendidikan/

Kaushansky, K., 2021. Williams hematology 10th Edition. McGraw-Hill Education.

Kavacare. (2023). Rumah Sakit Terbaik di India: Keunggulan dan Biaya. Kavacare. https://www.kavacare.id/rumah-sakit-terbaik-di-india-keunggulan-dan-biaya/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Talasemia, Penyakit Berbiaya Tinggi ke-5 di Indonesia. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/ umum/20190520/ 5530298/talasemi-penyakit-berbiaya-tinggi-5-indonesia/

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Talasemia Penyakit Keturunan, Hindari dengan Deteksi Dini. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220510/5739792/talasemia-penyakit-keturunan-hindari-dengan-deteksi-dini/#:~:text=Sejak%20tahun%202012%20sebanyak%204.896,di%20Indonesia%20sebanyak%2010.973%20kasus

Lan, W.S., Phak, N.H., Ying, T.P., Choo, H.L., Muda, Z., Bahrin, S., & et al. (2019). Management Of Thalassaemia MOH/PAK/77.03. Health Technology Assessment Unit Medical Development Division Ministry Of Health Malaysia : Malaysia.

Mahalik, J.R., Burns, S.M., & Syzdek, M. (2007). Masculinity and Perceived Normative Health Behaviors as Predictors of Men’s Health Behaviors. Social Science & Medicine. 64 (11), 2201-9.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI). (2018). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1/2018 tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Thalasemia. Menkes RI : Jakarta.

Mishra, A.K., & Tiwari, A. (2013) Iron Overload in Beta Thalassaemia Major and Intermedia Patients. Maedica. 8 (4), 328–32.

Moreno, R., & Mayer, R.E. (2007). Interactive Multimodal Learning Environments. Educational Psychology Review. 19 (3), 309-26. 10.1007/s10648-007-9047-2

Nisman, W.A., Rahmawati, A.D., Noverlis, A.S., Pratiwi, F.E., Parmawati, I., Lusmilasari,

L., & Kholisa, I.L. (2024). Pengaruh Edukasi Dengan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Kecemasan Dalam Pencegahan Covid-19. Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas. 8 (1), 27-38. 10.22146/jkkk.93849

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan: Teori, dan Aplikasi. Rineka Cipta : Jakarta.

Nugraha, P.S. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Dengan Ceramah Melalui Audio

Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anemia pada Remaja Putri Di SMA N 1 Magelang. DIV Gizi Semarang : Semarang.

Nugraha, K.W.D., Seviana, T., Sibuea, F., Manullang, E.V., Indrayani, Y.A., Ellysa, & et al. (2023). Profil Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI : Jakarta.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika : Jakarta.

Parlindungan, D.P., Mahardika, G.P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta. 1-8.

Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., & Bjork, R. (2008). Learning Styles: Concepts and Evidence. Psychological Science in the Public Interest. 9 (3), 105-19. 10.1111/j.1539-6053.2009.01038.x

Powers, J.M., & Brandow, A.M. (2023). Pallor and Anemia. Elsevier. 2, 905-26.

Rahayu, Y., Waluyo, E.M.J., & Supardi. (2016). Dukungan Keluarga dalam Kepatuhan

Terapi pada Pasien Thalasemia di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2015. Mutiara Medika. 16 (2), 52-56. https://doi.org/10.18196/mmjkk.v16i2.4451

Rakhmilla, L.E., Larasati, R., Sahiratmadja, E.K., Rohmawaty, E., Susanah, S., & Effendi, S.H. (2017). Assessing Knowledge About Thalassemia Among Reproductive Age Population After Video Media Education. Journal of Clinical and Biomedical Sciences. 3 (1), 30–2

Safdar, S., Mirbahar, A., Sheikh, M.A., Taseer, I.U.H., Mustafa, A., Ali, Z., Bashir, F., Firdous, R. and Akhtar, T., 2017. Economic Burden of Thalassemia on Parents of Thalassemic Children: A Multi-Centre Study. Pakistan Journal of Medical Research, 56(3).

Saprudin, N., & Sudirman, R.M. (2019). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Tentang Perawatan pasca transfusi Pada Anak Thalassemia Melalui Pemberian Komunikasi Informasi Edukasi Berbasis Audio Visual Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada. 10 (1), 1-7. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.88

Srivastava, A., & Shaji, R.V. (2017). Cure for thalassemia major – from allogeneic

hematopoietic stem cell transplantation to gene therapy. Haematologica. 102 (2), 214–23. 10.3324/haematol.2015.141200

Steinberg, M.H., Forget, B.G., Higgs, D.R., Weatherall, D.J. (2009) Disorders of Hemoglobin: Genetics, Pathophysiology, and Clinical Management. Second Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Susanah, S. (2022). Tata Laksana Terkini Talasemia Beta: Terapi Target. Sari Pediatri. 24

(4), 279-85.

Tari, K., Ardalan, P.V.M., Abbaszadehdibavar, M., Atashi, A., Jalili, A., & Gheidishahran,

M. (2018). Thalassemia an update: molecular basis, clinical features and treatment. International Journal of BioMedicine and Public Health. 1 (1), 48-58. 10.22631/IJBMPH.2018.56102

Zatalini, D.S., & Wulandari, D.R. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Diskusi

Poster dan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Menular Seksual Pada Anak Jalanan Kota Semarang. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 7 (2), 442-50. https://doi.org/10.14710/dmj.v7i2.20673

Published

2025-01-31

How to Cite

Nainggolan, I. M., Andrian, D. A., Bororing, S. R., & Aprilia, A. (2025). EFEKTIVITAS EDUKASI TALASEMIA BERBASIS VIDEO: SUATU SURVEI DAN SKRINING PADA POPULASI AKADEMIS. Mitramas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.25170/mitramas.v3i1.5882
Abstract views: 22 | PDF downloads: 15